Kompas.com - 21/02/2021, 09:07 WIB
Ilustrasi genom virus corona, pengurutan genom virus, mutasi virus corona. CDC minta pengurutan genom virus corona di Amerika Serikat (AS) dapat dilipatgandakan atau ditingkatkan untuk memantau mutasi virus SARS-CoV-2. SHUTTERSTOCK/Leigh PratherIlustrasi genom virus corona, pengurutan genom virus, mutasi virus corona. CDC minta pengurutan genom virus corona di Amerika Serikat (AS) dapat dilipatgandakan atau ditingkatkan untuk memantau mutasi virus SARS-CoV-2.

KOMPAS.com - Varian baru virus corona SARS-CoV-2 terus bermunculan setelah varian baru yang ditemukan di Inggris, Afrika Selatan, dan Brazil.

Terbaru, muncul virus diduga hasil rekombinasi dari varian B.1.1.7 yang ditemukan di Inggris dan varian B.1.429 yang ditemukan di California, Amerika Serikat.

Mengapa mutasi terus terjadi dan apa saja yang perlu kita ketahui soal ini?

Epidemiolog Universitas Griffith Dicky Budiman menjelaskan, munculnya strain baru SARS-CoV-2 umum terjadi pada wilayah yang tidak terkendali pandeminya.

Kemunculan strain baru ini berpotensi memperburuk situasi global dan nasional.

"Indonesia berpotensi melahirkan strain baru. Potensi Covid-19 menjadi endemi sangat tinggi," ujar Dicky kepada Kompas.com, Sabtu (20/2/2021).

Dicky mengatakan, tahun ini memang berpotensi menjadi tahun di mana banyak muncul mutasi virus yang berpotensi merugikan pengendalian pandemi.

Baca juga: Studi Ungkap Mutasi Virus Corona Inggris Berlipat Ganda Setiap 10 Hari

Dia menyebutkan, beberapa negara yang tidak bisa mengendalikan pandeminya antara lain Brazil, Afrika Selatan, dan Inggris.

Adapun strain baru virus corona yang sudah tercatat resmi oleh WHO baru 3, yakni yang ditemukan di ketiga negara tersebut, berikut namanya:

  • Brazil: B.1.1.28.1
  • Afrika Selatan: B.1.351
  • Inggris: B.1.1.7 

Mencegah munculnya varian baru

 

Selain 3 varian baru di atas, Dicky menyebutkan, ada 7 varian baru yang ditemukan di Amerika Serikat, tetapi masih diteliti.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X