Kompas.com - 05/02/2021, 06:04 WIB
Tangkapan layar Gunung Raung yang berkabut dengan intensitas 0-II kabut. MAGMATangkapan layar Gunung Raung yang berkabut dengan intensitas 0-II kabut.

KOMPAS.com - Gunung Raung masih memperlihatkan aktivitas vulkanisnya pada Kamis, (4/2/2021).

Gunung yang terletak di dekat wilayah Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember, Jawa Timur ini disebut mengeluarkan suara gemuruh.

Sub Koordinator Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Nia Haerani, mengatakan, Gunung Raung masih erupsi dan mengeluarkan suara gemuruh.

"Saat ini Gunung Raung masih erupsi. Suara gemuruh terdengar dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Raung yang berjarak 14 km dari kawah/titik erupsi," ujar Nia saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/2/2021) malam.

Aktivitas erupsi yang terjadi di Gunung Raung tercatat sejak tanggal 21 Januari 2020.

Perkembangan terakhirnya, lanjut Nia, tidak ada awan panas atau guguran yang terjadi.

"Di Gunung Raung beda tipe erupsinya, tidak ada awan panas atau guguran. Hanya abu dan lontaran batuan pijar di dalam kawah," lanjut dia.

Baca juga: Status Gunung Raung Naik dari Normal Jadi Waspada

Laporan aktivitas gunungapi

Berdasarkan laporan PGA, tidak ada asap kawah yang teramati secara visual.

Selain itu, terdengar pula suara gemuruh yang bersumber dari Gunung Raung.

Terkait kegempaan, Nia mengatakan, tercatat guncangan yang disebut Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 5-32 mm (dominan 11 mm).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X