Imajinasi Lubang Cacing

Kompas.com - 10/12/2020, 09:39 WIB
Ilustrasi alam semesta ShutterstockIlustrasi alam semesta

SETELAH lubang-hitam (kompas.com, 6 November 2020), mari kita mencoba menelaah apa yang disebut sebagai lubang-cacing.

Di khasanah kosmologi, para astrofisikawan asyik berasumsi bahwa wormhole alias lubang-cacing adalah sejenis jalur menembus ruang-waktu yang konon berperan sebagai semacam jalan pintas pada perjalanan panjang menelurusi apa yang disebut sebagai alam semesta yang bahkan kini diduga bukan cuma satu-satunya .

Relativitas umum

Lubang-cacing merupakan sejenis khayalan yang agar lebih keren disebut imajinasi terkandung pada teori Einstein yang populer dengan sebutan relativitas umum meski konon Einstein sendiri sempat kurang suka istilah relativitas.

Istilah lubang-putih digunakan Ludwig Flamm sebagai kolega fisikawan sezaman dengan Einstein sebagai solusi terhadap ekuasi relativitas umum Einstein yang kemudian dianggap sebagai padanan-lawan (atau kawan?) lubang-hitam.

Kemudian pada 1935, Albert Einstein bersama Nathan Rosen mendayagunakan teori relativitas umum sebagai pendukung asumsi eksistensi “jembatan-jembatan maya” menelurusi ruang dan waktu.

Jembatan-jembatan maya bisa menjembatani dua titik pada ruang-waktu sehingga menghadirkan jalan pintas yang bisa memperkecil jarak ruang dan waktu.

Jalan pintas ini disebut jembatan Einstein-Rosen yang entah-kenapa juga disebut sebagai lubang-cacing.

Mungkin karena dianggap memiliki dua mulut dan dua kerongkong seekor cacing yang berperan sebagai jembatan menghubungkan dua titik pada ruang-waktu. Mungkin.

Lubang hitam

Yang sementara ini dapat dipastikan adalah fakta bahwa secara matematikal teori relativitas umum Einstein memang berasumsi bahwa keberadaan lubang-cacing memang ada.

Namun sampai saat naskah ini saya tulis dan kemudian Anda baca ini saya belum mendengar bahwa lubang-cacing berhasil nyata secara benar-benar nyata ditemukan pada kenyataan semesta.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X