[HOAKS] Informasi Jangan Buka Video "India is Doing It"

Kompas.com - 05/11/2020, 14:00 WIB
Ilustrasi hoaks ShutterstockIlustrasi hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial soal peringatan untuk tidak membuka video di WhatsApp berjudul "India is doing it" karena jika dibuka maka ponsel bisa diretas.

Pengguna WhatsApp yang menerima peringatan itu diminta meneruskan peringatan tersebut kepada keluarga dan teman.  

Sebelumnya, informasi yang sama juga beredar dalam bahasa Inggris. Tidak hanya mencatut kata 'India', ditemukan konten peringatan yang sama tetapi dengan judul video "Argentina is doing it."

Dari penelusuran lembaga pemeriksa fakta, informasi peringatan itu hoaks. Informasi itu pun memenuhi ciri-ciri pesan penipuan yang biasanya beredar di WhatsApp dan e-mail.  

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Paduka Bahtera Paduka pada 26 Oktober 2020 menulis status berisi peringatan untuk tidak membuka video di WhatsApp berjudul "India is doing it."

Narasi status itu menyebut, video yang dimaksud menunjukkan grafik Covid-19 di India sudah mendatar.

Jika video itu dibuka, ponsel akan diretas dan tidak bisa dihentikan. Berikut isi lengkap statusnya:

"Kasih tau ya lain2 nya. Jika menerima video di WA yg berjudul *India is doing it*, yg menunjukkan bgmn grafik covid-19 di India sudah mendatar, *jangan dibuka, itu akan nge hack hp mu dlm 10 detik dan tak akan dapat dihentikan.*
Kirim pesan ini ke keluarga dan teman."

Status Facebook soal peringatan tidak membuka video India is doing it.Facebook Status Facebook soal peringatan tidak membuka video India is doing it.
Informasi tersebut beredar juga dalam bahasa Inggris. Salah satu akun yang memuat informasi itu yakni Boses Ni Tatay Rudy. Dia mengedarkannya pada 26 September 2020.

Sementara, sejumlah akun lain menginformasikan konten yang sama, hanya berbeda penyebutan negara, yakni Argentina.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X