[HOAKS] Informasi Faskes di Kabupaten Bekasi Tidak Mampu Tampung Pasien Covid-19

Kompas.com - 24/09/2020, 13:18 WIB
- SHUTTERSTOCK-
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial tersiar informasi bahwa fasilitas kesehatan di Kabupaten Bekasi tidak bisa lagi menampung penderita positif Covid-19.

Selain itu, jumlah petugas kesehatan sangat terbatas. Informasi tersebut mengatasnamakan sejumlah camat dan lurah di Kabupaten Bekasi.

Camat Bekasi Utara menegaskan informasi itu tidak benar.

Narasi yang Beredar

Sejumlah akun Facebook mengedarkan informasi mengenai fasilitas kesehatan di Kabupaten Bekasi sudah tidak lagi mampu menampung penderita positif Covid-19. Dikabarkan juga, jumlah petugas kesehatan sangat terbatas.

Informasi tersebut mengatasnamakan sejumlah camat dan lurah di Kabupaten Bekasi.

Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, terdapat delapan camat dan lurah di Kabupaten Bekasi yang namanya tertera di informasi tersebut.

Mereka adalah camat Bekasi Utara, camat Tambun Utara, camat Serang Baru, camat Cikarang Utara, camat Setu, lurah Babelan Kota, lurah Wanasari, dan lurah Kebalen.

Meski mengatasnamakan camat dan lurah yang berbeda, isi informasi sama.

Salah satu akun yang menyebarkan informasi itu yakni Saipul Amri pada Senin (14/9/2020). Berikut cuplikan isi statusnya:

"Karena kondisi negara kita, terlebih kabupaten bekasi, *jumlah korban positif Corona terus meningkat sangat cepat. Agar menjadi perhatian kita semua.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X