Tes SKD CPNS Mulai Senin Depan, Ini Imbauan BKN yang Harus Diperhatikan

Kompas.com - 25/01/2020, 13:19 WIB
Para peserta penerimaan calon pegawai negeri sipil bersiap mengikuti tes di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Senin (5/11/2018). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angkatan kerja pada Agustus 2018 sebanyak 131,01 juta orang, jumlah tersebut meningkat 2,95 juta orang dibandingkan dengan Agustus 2017. KOMPAS/RADITYA HELABUMIPara peserta penerimaan calon pegawai negeri sipil bersiap mengikuti tes di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Senin (5/11/2018). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angkatan kerja pada Agustus 2018 sebanyak 131,01 juta orang, jumlah tersebut meningkat 2,95 juta orang dibandingkan dengan Agustus 2017.

KOMPAS.com - Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 tinggal menghitung hari.

Setidaknya 13 Kantor Regional (Kanreg) Badan Kepegawaian Negara ( BKN) dan 20 Unit Pelaksana Teknis (UPT) akan digunakan untuk SKD serentak mulai 27 Januari 2020.

"Iya (semuanya sudah siap). Senin sudah mulai (tes)," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas BKN Paryono saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/1/2020).

Ia menambahkan, pada titik lokasi BKN Pusat tersedia 450 personal computer (PC) yang ditempatkan pada tiga ruangan yang berbeda untuk memfasilitasi 2250 peserta.

"Pelaksanaan SKD setiap harinya terbagi maksimal 5 sesi, dan setiap sesi berlangsung 90 menit," ujar dia.

Sementara itu, pelaksanaan SKD secara resmi akan dibuka oleh Kepala BKN di Kantor BKN Pusat, Senin (27/1/2020) pada pukul 08.00 WIB.

Baca juga: Simak, Kemendikbud Umumkan Jadwal dan Lokasi Tes SKD CPNS 2019

Perhatikan informasi

Paryono mengimbau para peserta untuk mempersiapkan diri, menjaga kesehatan, serta memperhatikan jadwal dan pengumuman yang dikeluarkan instansi secara teliti.

Peserta juga diminta untuk datang lebih awal dari waktu berlangsungnya tes.

"Jika terlambat, tidak akan ada toleransi waktu, panitia tidak mengizinkan masuk dan tidak akan diganti dengan sesi berikutnya," tutur Paryono.

Ia menegaskan, peserta tidak diperbolehkan membawa barang selain yang telah ditentukan ke dalam ruang tes. Untuk itu, peserta SKD diimbau agar membawa barang secukupnya. 

"Tidak usah bawa barang yang berlebihan karena nanti semua barang akan dititipkan di panitia. Pada saat masuk ruangan nanti akan ada body check yang dilakukan oleh panitia, jadi barang-barang semua harus ditinggal termasuk jimat dan lain-lain," lanjutnya.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X