Viral Sungai di Sidoarjo Berbau Tidak Sedap dan Mengeluarkan Busa

Kompas.com - 19/01/2020, 19:30 WIB
Tangkapan layar kondisi sungai di desa Sumput, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo yang berbusa. Twitter: BNPB IndonesiaTangkapan layar kondisi sungai di desa Sumput, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo yang berbusa.

KOMPAS.com - Akun resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) Indonesia, @BNPB_Indonesia mengunggah video yang menampilkan gumpalan busa di salah satu sungai di Sidoarjo pada Sabtu (18/1/2020).

Adapun dalam video berdurasi 34 detik ini juga ditampilkan busa-busa tersebut berdiam di tempat dan sebagian terbang karena angin.

Admin BNPB Indonesia menyebutkan bahwa busa tersebut juga berbau tidak sedap.

" Sungai di Desa Sumput Kec. Sidoarjo Kab. Sidoarjo mengeluarkan busa dan bau yang tidak sedap. Saat ini sudah ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sidoarjo," tulis akun BNPB Indonesia dalam twitnya.

Hingga kini video itu telah ditonton sebanyak lebih dari 60.000 penayangan dan telah disukai 703 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Puluhan Ton Ikan Nila di Keramba Jala Apung Sungai Tamiyang Kalsel Mati Mendadak

Penjelasan BNPB

Menanggapi kejadian tersebut, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusatinkom) BNPB, Agus Wibowo menjelaskan bahwa sumber dari kemunculan busa itu akibat dari limbah pabrik yang berlokasi dekat sungai di Desa Sumput, Kabupaten Sidoarjo.

"Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo limbah itu berasal dari industri pabrik karton," ujar Agus saat dikonfirmasi Kompas.com pada Minggu (19/1/2020).

Menurutnya, kasus sungai yang mengeluarkan busa ini sering terjadi di daerah tersebut.

Berbau tidak sedap

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Agus mengungkapkan bahwa aroma tidak sedap yang tercium merupakan imbas dari pembuangan limbah perusahaan.

Oleh karena itu, dilakukan upaya pemberian bahan kimia (chemical) guna membunuh bakteri dan lumut, menjernihkan air, serta membuat air menjadi tidak berbau.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X