Pembenahan Partai Politik sebagai Solusi Pemberantasan Korupsi

Kompas.com - 09/12/2019, 22:08 WIB
Peringatan hari Anti-korupsi Sedunia di Jalan Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah, Minggu (8/12/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIPeringatan hari Anti-korupsi Sedunia di Jalan Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah, Minggu (8/12/2019).

ISU pemberantasan korupsi di Indonesia selama ini terlalu didominasi oleh persepektif hukum dan administrasi, meskipun merupakan salah satu sisi yang paling penting dari upaya pemberantasan.

Padahal dalam banyak kasus, ditemukan adanya relasi antara tindakan korupsi dan aspek politik, terutama partai politik sebagai institusi penting dalam sistem politik yang demokratis.

Perlu dipahami bahwa perspektif hukum tidak cukup lagi untuk memberantas korupsi mengingat korupsi akan selalu berhubungan dengan modal yang memasuki dan terintegrasi ke dalam institusi penyelenggaraan negara secara massif.

Sehingga, pada akhirnya pembahasan tentang korupsi juga harus melihat keterkaitannya dengan aspek politik, seperti demokrasi, pemilu dan partai politik.

Indonesia menganut sistem demokrasi yang menempatkan kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.

Rakyatlah yang membentuk pemerintahan, ikut menyelenggarakan pemerintahan, dan menjadi tujuan utama penyelenggaraan pemerintahan negara.

Pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat yang demikian itulah disebut dengan sistem demokrasi.

Hal itu sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 1 ayat (2) UUD 1945: "Kedaulatan adalah di tangan rakyat dan dilakukan melalui Undang-Undang Dasar".

Untuk menjalankan mekanisme demokrasi tersebut, maka di dalam konstitusi juga diatur tentang keberadaan pemilu.

Pemilu yang diselenggarakan setiap lima tahun sekali merupakan mekanisme sirkulasi elite, baik itu di eksekutif maupun legislatif, sekaligus juga menjadi ukuran apakah negara itu telah demokratis atau tidak.

Proses penyelenggaraan pemilu itu juga menghadirkan partai politik sebagai pilar utama demokrasi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X