Jadwal Seleksi CPNS ATR/BPN 2019, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Kompas.com - 08/11/2019, 17:00 WIB
Tampilan awal laman situs GISTARU, Kementerian ATR/BPN /gistaru.atrbpn.go.idTampilan awal laman situs GISTARU, Kementerian ATR/BPN

KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) turut mendapat jatah kursi pada rekrutmen CPNS tahun ini.

Sebanyak 11 formasi jabatan dengan alokasi total 727 kursi dialokasikan bagi pelamar CPNS yang berminat bergabung di lingkungan Kementerian ATR/BPN.

Terdapat empat jenis formasi yang akan dibuka, yaitu formasi umum, formasi khusus lulusan terbaik/cumlaude, formasi khusus disabilitas, serta formasi putra/putri Papua dan Papua Barat.

Dalam surat resmi bertanda tangan Ketua Panitia Seleksi CPNS Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto, menyampaikan sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar, seperti data pribadi, pemilihan lokasi formasi jabatan dan lokasi ujian, serta pemilihan kualifikasi pendidikan.

Baca juga: STR dan Sertifikat Pendidik Syarat Tes CPNS 2019, Untuk Formasi Apa Saja?

Selain tiga hal di atas, masalah dokumen yang diunggah juga harus menjadi perhatian pelamar, karena dalam salah satu poin menegaskan bahwa dokumen-dokumen ini dapat mengakibatkan pelamar gugur/tidak lulus.

"Panitia tidak bertanggung jawab terhadap dokumen unggah yang tidak dapat dibaca dengan jelas dan/atau data tidak sesuai dengan dokumen yang diunggah. Hal tersebut dapat mengakibatkan pelamar gugur/tidak lulus dan merupakan kelalaian pelamar," tulis pesan tersebut.

Bagi pelamar yang data dirinya terdapat kesalahan/ketidaksesuaian data dengan KTP pelamar, disarankan segera memperbaiki ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Sementara, untuk lokasi ujian tidak harus sama dengan lokasi formasi jabatan. Pelamar dapat menyesuaikan dengan pilihan lokasi ujian yang paling menguntungkan.

Terkait pemilihan kualifikasi pendidikan, pelamar diharuskan memilih formasi jabatan dengan kualifikasi pendidikan yang sesuai.

Informasi menegaskan, panitia berhak membatalkan kelulusan peserta jika peserta seleksi sudah dinyatakan lulus dan kemudian terbukti kualifikasi pendidikannya tidak sesuai dengan yang dibutuhkan/tidak memenuhi persyaratan.

Baca juga: Daftar CPNS 2019 Data e-KTP Bermasalah, Harus Bagaimana?

Tahapan seleksi

Terdapat beberapa tahapan seleksi yang wajib dilalui peserta, yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X