Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikenal Sebagai Seniman, Ini Kiprah Alexandra Grant di Dunia Seni

Kompas.com - 05/11/2019, 19:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah lama tak tampil bersama pasangannya, aktor Keanu Reeves menghebohkan publik dengan menggandeng Alexandra Grant.

Mereka berdua diketahui memang merupakan teman lama. Sesaat setelah berita ini mencuat, warganet pun lalu mencari tahu sosok yang berhasil mencuri hari aktor berusia 55 tahun itu.

Alexandra Grant dikenal sebagai seniman yang berbasis di Los Angeles. Dalam website pribadinya, disebutkan, karyanya mencakup film, pahatan, ilustrasi, fotografi, hingga puisi.

Sebelum terjun di dunia seni, ia menempuh pendidikan di California College of Arts and Crafts dan Swarthmore College.

Ia sering berkolaborasi dengan seniman, penulis, maupun filsuf, di antaranya Michael Joyce, Keanu Reeves, Channing Hansen, serta filsuf Hélène Cixous.

Melansir laman People, karya-karyanya pernah dipamerkan di Los Angeles County Museum of Art (LACMA), Museum of Contemporary Art (MOCA) di Los Angeles, Hammer Museum, Contemporary Museum di Baltimore, serta Galeri Seni Ontario.

Kemudian buah tangannya juga pernah menghias ruangan di Galerie Gradiva di Paris, The Broad Museum di Michigan State University, dan bahkan di Harris Lieberman Gallery di New York.

Tak hanya itu, dia juga seroang filantropis yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial.
Grant menghabiskan masa kecil dan remajanya di Meksiko, Perancis, dan Spanyol.

Selama itu ia mengeksplorasi seni yang membentuk cara berpikirnya untuk menciptakan dan memengaruhi budaya di dunia yang semakin didorong oleh teknologi.

Atas keyakinan itulah, Grant kemudian menciptakan proyek grantLOVE guna mengumpulkan dana bagi acara nirlaba berbasis seni.

Proyek ini berhasil mendanai beberapa acara seni antara lain Heart of Los Angeles (HOLA), Project Angel Food, Art of Elysium, 18th Street Arts Center, dan LAXART.

Tak hanya di bidang seni lukis, Grant pun pernah menerbitkan buku berjudul Ode to Happiness dan Shadow, berkolaborasi dengan Keanu Reeves. Kemudian ia juga pernah bekerja sama dengan Polk County Historical Society untuk menulis buku Grasshoppers.

Publikasi lainnya antara lain The Songs of Maldoror yang terbit pada tahun 2012 serta The Artists’ Prison yang diluncurkan pada tahun 2017 bersama dengan Eve Wood.

Kiprahnya di dunia seni membuahkan berbagai penghargaan. Pada tahun 2015 dia pernah menerima COLA 2015 Individual Artists Fellowship.

Kemudian sebelumnya, dia pernah mendapatkan California Community Foundation Mid-Career Artist Grant serta The Pollock-Krasner Foundation Grant.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com