Suhu di Beberapa Kota di Indonesia Meningkat, Apa Kata BMKG?

Kompas.com - 11/09/2019, 18:05 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Beberapa hari terakhir, suhu udara di sejumlah kota di Indonesia mengalami peningkatan di atas rata-rata suhu biasanya.

Peningkatan suhu ini menyebabkan panas terasa begitu menyengat, salah satunya di Kota Surakarta yang suhunya mencapai 41 derajat Celcius di Rabu (11/9/2019) siang.

Padahal, biasanya suhu di kota ini berkisar di angka 30-34 derajat Celcius saja pada siang hari.

Alhasil, masyarakat pun banyak mengeluhkan hal ini melalui cuitan di media sosial, salah satunya Twitter.

“Solo tuh kenapa sih tiap hari panasnya segini mulu sampe pedes di mata. Tempat kalian panas juga enggak?” tulis akun @cibicaan_.

Lalu apakah peningkatan suhu yang terjadi terkait dengan fenomena kulminasi atau hari tanpa bayangan akibat matahari berada di atas wilayah Indonesia saat ini?

Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG Indra Gustari menyebut kulminasi menyumbang andil pada panasnya cuaca yang terjadi, namun bukan menjadi faktor utama.

“Kulminasi juga berkontribusi terhadap tingginya suhu udara tersebut, tapi bukan faktor tunggal,” kata Indra saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/9/2019).

Baca juga: Jawa Memang Sedang Panas, Inilah 3 Kota di Jawa dengan Suhu Paling Panas

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X