Raih Gelar Juara Tinju di Singapura, Ini Profil Ongen Saknosiwi

Kompas.com - 08/09/2019, 12:52 WIB
Ongen Saknosiwi merebut gelar juara kelas bulu versi WBA Asian Boxing Council Continental pada pertarungan melawan petinju Thailand, Nanthawat Mailochat, yang berlangsung di Singapura, Sabtu (7/9/2019) malam. Dok. Mahkota PromotionOngen Saknosiwi merebut gelar juara kelas bulu versi WBA Asian Boxing Council Continental pada pertarungan melawan petinju Thailand, Nanthawat Mailochat, yang berlangsung di Singapura, Sabtu (7/9/2019) malam.

KOMPAS.com – Nama Indonesia kembali harum di kancah internasional, usai Ongen Saknosiwi merebut gelar juara kelas bulu versi WBC Asian Boxing Council Continental.

Ongen merebut gelar juara usai mengalahkan petinju Thailand, Nanthawat Mailochat, di Singapura, Sabtu (7/9/2019) malam.

Pemuda 25 tahun ini menang di pertarungan internasional petamanya. Ia menang knockout (KO) pada ronde keempat setelah menjatuhkan lawannya dengan sebuah pukulan ke arah rusuk kanan.

Ia sekarang memiliki rekor tak terkalahkan dalam tujuh pertarungan yang semuanya dimenangi dengan KO/TKO.

Lawan Ongen, Nanthawat, merupakan lawan yang reputasinya tak sembarangan. Petinju Thailand tersebut sebelumnya memegang rekor tak terkalahkan sebanyak enam laga usai menjatuhkan lawan-lawannya.

Perjalanan Ongen hingga bisa menjadi petinju kelas internasional seperti sekarang ini dimulai dari perjalanan hidupnya yang tak mudah. Siapakan dia?

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, Ongen lahir di Pulau Buru, Maluku, pada 15 Juli 1994.

Ia kemudian meninggalkan kampung halamannya, untuk mencoba peruntungan nasib sebagai petinju ke Tangerang, Banten, saat usianya 17 tahun.

Kemampuan Ongen sebagai petinju, tak bisa lepas dari peran sang ayah, yang mengenalkannya pada tinju pertama kali.

Baca juga: Pertandingan Tinju Internasional di Maumere Ricuh, Promotor Bantah Kabur

Pelatnas Tinju Junior

Tinju, menjadi tontonannya sejak SD hingga kemudian saat menginjak 17 tahun, mantan petinju nasional, almarhum Wiem Saputelle melihat bakatnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X