Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Merawat Kucing Bombay Kesayangan Anda

KOMPAS.com - Kucing Bombay adalah ras kucing yang memiliki ciri khas berwarna hitam dan pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1950-an.

Kucing ini merupakan hasil kawin silang antara ras Burma dan ras American Shorthair. Bombay termasuk ras yang suka bermain, penuh kasih sayang, dan ramah.

Ras ini disukai karena rasa ingin tahu dan kecerdasannya yang tinggi. Karakter tersebut merupakan warisan dari ras hasil kawin silangnya.

Mereka sangat pintar dan suka mengenal orang seperti ras Burma, tetapi juga tidak terlalu banyak “bicara” sepanjang hari layaknya ras American Shorthair.

Mereka cenderung menginginkan perhatian dan pintar dalam upaya mereka untuk menarik perhatian pemiliknya.

Ras Bombay membutuhkan banyak interaksi dan bahkan dapat mengalami depresi jika sering dibiarkan sendiri.

Karena sifatnya yang ramah dan mudah bergaul, ras kucing Bombay kerap “menyapa” orang asing yang diiringi dengan rasa ingin tahu.

Selain itu, mereka juga senang bermain dengan anak-anak, hingga bisa bergaul baik dengan peliharaan lain, terutama jika mereka dibesarkan bersama.

Berikut beberapa tips perawatan sederhana bagi Anda yang memelihara kucing Bombay:

1. Perawatan diri

Dilansir dari Petfinder, ras kucing Bombay memiliki bulu pendek, halus, dan sangat mudah untuk dirawat. Mereka juga merupakan kucing yang sangat bersih.

Anda hanya perlu menyisir bulu kucing ini seminggu sekali atau dengan menggosoknya menggunakan kain chamois yang lembut untuk menonjolkan kilau dari bulunya.

Anda juga bisa mengajaknya mandi sesekali, untuk membuat bulunya semakin terlihat hitam berkilau dan terasa lembut.

2. Perhatikan kebersihan kuku dan telinga

Anda bisa memotong kuku kucing Bombay Anda setiap dua minggu seminggu atau lebih.

Kemudian perhatikan bagian dalam telinganya setiap satu atau dua minggu sekali untuk memastikan telinganya tidak merah atau terlalu kotor.

Bersihkan telinga kucing jika perlu atau hanya untuk menghindari gangguan keseimbangan bakteri sehat alaminya.

3. Ajak bermain

Kucing ras Bombay adalah tipe yang suka bermain dan sangat ingin tahu. Terutama anak kucing Bombay yang memiliki banyak sekali energi.

Namun seiring bertambahnya usia, mereka menjadi akan lebih lembut dan senang meringkuk di pangkuan pemiliknya seusai bermain atau penjelajahan singkat.

Kucing Bombay cerdas dan relatif lebih mudah untuk dilatih. Mereka bisa menikmati ketika bermain tangkap dan merasa nyaman diajak berjalan meski menggunakan tali.

4. Perhatikan kesehatannya

Dilansir dari the Spruce Pets, meskipun ras Bombay umumnya adalah kucing yang sehat dan berumur panjang, beberapa penyakit yang terkait secara genetik diketahui ada pada ras ini, seperti:

5. Makanan dan nutrisi

Obesitas menjadi perhatian bagi semua orang yang memelihara kucing. Karena ras Bombay termasuk kucing bertubuh kekar, ia rentan terhadap kenaikan berat badan.

Menjaganya tetap ramping membantu mencegah masalah kesehatan terkait berat badan seperti diabetes, radang sendi, serta penyakit jantung.

Penyakit tersebut mempengaruhi ras Bombay pada tingkat risiko yang lebih tinggi daripada ras lainnya.

6. Jangan meninggalkan makanan

Memberi makan gratis atau meninggalkan makanan sepanjang hari, dapat menyebabkan kucing terlalu banyak ngemil sehingga menambah berat badannya.

Sebagai gantinya, sajikan makanan dalam jumlah terukur dua kali sehari untuk kucing dewasa, dan anak kucing harus makan tiga hingga empat porsi kecil per hari.

Mintalah rekomendasi dari dokter hewan untuk rekomendasi makanan berkualitas tinggi yang cocok bagi kucing Bombay Anda.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/29/163000865/6-cara-merawat-kucing-bombay-kesayangan-anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke