Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cokelat Kaleng Berusia 121 Tahun yang Belum Pernah Dibuka Akan Dilelang di Inggris, Berapa Harganya?

Diperkirakan, cokelat kaleng itu akan dijual dengan harga antara 100-200 poundsterling atau sekitar Rp 2 juta-Rp 4 juta.

“Itu tergandung pada siapa yang hobi mengumpulkan memorabilia kerajaan, dan siapa yang ingin mengumpulkan barang-barang pada masa lampau,” kata Morven Fairlie dari Hansons Auctioneers dikutip dari Jerusalem Post, Sabtu (15/7/2023).

Cokelat kaleng dengan tambahan rasa vanila itu mempunyai makna tersendiri dalam sejarah kerajaan Inggris.

Kaleng cokelat yang sampai saat ini belum dibuka itu dibuat dan dikemas khusus untuk menandai penobatan Raja Inggris Edward VII dan Ratu Alexandra pada 26 Juni 1902.

“Mungkin kami bisa menjual lebih tinggi, terkadang Anda mendapatkan beberapa penawar, orang yang menginginkan sepotong sejarah, dan harganya bisa meroket,” ungkapnya.

Namun, pembeli yang beruntung mendapatkannya, menurut Fairlie tidak akan bisa menikmati cokelat yang tadinya enak lantaran produk itu sudah berusia ratusan tahun.

"Tidak ada yang akan memakannya. Jika Anda membuka kalengnya, baunya seperti cokelat, tapi saya tidak ingin mengambil risiko,” sebutnya.

Dihadiahkan kepada gadis 9 tahun

Pada 1902, cokelat kalengan itu dihadiahkan kepada seorang gadis berusia sembilan tahun bernama Mary Ann Blackmore di sekolahnya di Durham, Inggris.

Namun gadis itu tidak pernah memakannya lantaran di masa itu, cokelat merupakan makanan dan hadiah spesial.

Ia pun memutuskan untuk menyimpannya sebagai pengingat penobatan Raja Inggris Edward VII dan Ratu Alexandra.

“Dulu, ini benar-benar istimewa, anak-anak tidak pernah mendapat cokelat,” tutur Fairlie.

“Itu jelas merupakan hadiah istimewa bagi gadis kecil ini sehingga dia pikir dia bahkan tidak bisa menyentuhnya,” lanjut Fairlie.

Diwariskan turun-temurun

Cokelat itu kemudian diwariskan secara turun-temurun di keluarga Mary Ann hingga sampai ke tangan cucunya bernama Jean Thompson yang berusia 72 tahun.

Lantas Thompson membawa cokelat kalengan itu ke Hansons Auctioneers di Derby, Inggris.

Thompson meyakini, keluarganya menganggap cokelat dalam kaleng itu sangat istimewa sehingga "tak tega" untuk memakannya.

“Saya menyadarinya sebagai sesuatu yang istimewa, obyek keingintahuan dari masa kecil nenek saya,” kata Thompson.

“Pada saat itu tidak ada pertanyaan untuk memakannya, itulah mengapa saya juga tetap menyimpannya,” sambungnya.

Ia mengaku, kini tidak ada anaknya yang tertarik untuk menyimpan cokelat kalengan tersebut.

"Tidak ada anak saya yang tertarik untuk menyimpannya, dengan penobatan menjadi subyek topik. Maka terlintas dalam pikiran saya, yang akan lebih mengapresiasi adalah kolektor barang-barang semacam itu," ucap Thompson.

https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/16/113000165/cokelat-kaleng-berusia-121-tahun-yang-belum-pernah-dibuka-akan-dilelang-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke