Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indosat PHK 300 Karyawannya, Berikan Pesangon hingga 75 Kali Upah

Lebih dari 99 persen karyawan yang akan di-PHK itu sudah menerima tawaran tersebut.

Para karyawan yang menyetujui tawaran PHK, akan mendapatkan paket PHK yang diklaim oleh Indosat lebih tinggi dari yang dipersyaratkan undang-undang. Di antaranya pesangon hingga 75 kali upah. 

Pesangon hingga 75 kali upah

Director & Chief of Human Resources Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Irsyad Sahroni mengatakan bahwa paket PHK berisi uang kompensasi.

Besaran uang kompensasi yang ditawarkan kepada karyawan adalah rata-rata 37 kali upah.Bahkan, yang tertinggi mencapai 75 kali upah.

Besaran itu, secara signifikan lebih tinggi di atas persyaratan ketentuan undang-undang yang berlaku.

"Inisiatif rigthsizing berjalan lancar sesuai rencana dan telah diterima dengan baik oleh sebagian besar karyawan yang terkena dampak," ujar Irsyad, dikutip dari rilis yang diterima oleh Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

"Prosesnya sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang ada dan telah dilakukan dengan pertimbangan matang, yang dilakukan secara objektif dan fair," tambah dia.

Penyebab PHK karyawan

Pihak Indosat menjelaskan, reorganisasi diperlukan agar Indosat Ooredoo Hutchsion bisa lebih lincah dan tumbuh lebih cepat di industri telekomunikasi.

Perusahaan menghadapi kebutuhan untuk tumbuh lebih jauh dengan size yang tepat, di mana hal ini sangat penting krusial bagi keberlanjutan & pertumbuhan bisnis perusahaan ke depan.

"Proses yang dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dilakukan secara objective dan fair," jelas Irsyad. 

Inisiatif PHK ini menurutnya juga didasarkan pada strategi bisnis ke depan dan pertimbangan yang komprehensif.

Harapannya, keputusan ini dapat menjadi langkah strategis yang membawa Indosat Ooredoo Hutchison menjadi perusahaan telekomunikasi digital paling dipilih di Indonesia.

"Oleh karena itu, inisiatif reorganisasi sangat penting untuk keberlanjutan dan pertumbuhan bisnis perusahaan ke depan," ujar Irsyad.

Indosat juga mengaku sudah berkomunikasi secara langsung dan transparan kepada semua karyawan.

"Seluruh karyawan telah memahami perlunya meningkatkan kelincahan dan bertumbuh lebih cepat sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan pasar saat ini," tandas Irsyad.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/09/24/131827065/indosat-phk-300-karyawannya-berikan-pesangon-hingga-75-kali-upah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke