Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadwal dan Link Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan 2022

KOMPAS.com - Kapan dimulainya puasa Ramadhan 2022 diketahui setelah pengamatan hilal dan Sidang Isbat yang dilakukan oleh Kemenag RI. 

Meskipun ormas Islam Muhammadiyah telah lebih dulu mengumumkan bahwa awal puasa atau bulan Ramadhan 2022 adalah 2 April 2022. 

Pengumuman awal puasa bulan Ramadhan 2022 tertuang dalam maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/1.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Zulhijah 1443 Hijriah.

PP Muhammadiyah telah mengumumkan bahwa awal puasa bulan Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Sabtu 2 April 2022.

Sementara itu kapan Sidang Isbat penentuan awal Ramadhan dari Kemenag RI?

Jadwal Sidang Isbat 2022

Dikutip dari situs resmi Kemenag, Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan akan menggelar Sidang Isbat (penetapan) Awal Ramadan 1443 Hijriah pada Jumat (1/4/2022) petang.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib mengatakan, sidang isbat digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah. Sidang Isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender hijriah.

Seperti diketahui, pada Jumat (1/4/2022) bertepatan dengan 29 Syakban 1443 Hijriah.

Nantinya, Sidang Isbat akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Kemudian, perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.


Link menyaksikan Sidang Isbat 2022

Dilansir dari Kompas.com, Minggu (27/3/2022), untuk pelaksanaan Sidang Isbat luring dilakukan di Auditorium HM Rasjidi Kemenag.

Kegiatan diawali dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag.

Sementara, untuk pelaksanaan Sidang Isbat secara daring (online) bisa disaksikan pada link TVRI dan Kemenag.

Kepala Subdit Hisab dan Syariah Ismail Fahmi menyampaikan, hasil sidang isbat akan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan juga RRI. Begitu pun media sosial Kemenag.

Link live streaming melalui TVRI bisa dilihat pada laman berikut.

"Penyampaian hasil sidang isbat juga disiarkan secara langsung melalui media sosial Kementerian Agama,” imbuhnya.

Sedangkan, link live streaming melalui media sosial Kemenag bisa ditonton di link ini.

Tahapan Sidang Isbat

Sementara itu, Adib menambahkan, sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap.

Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan dilakukan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.

"Sesi ini terbuka dan akan disiarkan melalui live streaming,” ujar Adib.

Kedua, pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1443 Hijriah. Sesi ini digelar secara tertutup setelah Salat Maghrib.

Selain data hisab (informasi), Sidang Isbat juga akan merujuk pada hasil Rukyatul Hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia.

Ketiga, telekonferensi pers hasil Sidang Isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media sosial Kemenag. 


Penentuan 1 Ramadhan 2022

Sementara itu, Adib menjelaskan, sidang Isbat akan mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Menurutnya, semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Ramadan jatuh pada Jumat, 1 April 2022 M atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H sekitar pukul 13.24 WIB.

“Pada hari rukyat, 29 Syakban 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk, berkisar antara 1 derajat 6,78 menit sampai dengan 2 derajat 10,02 menit," jelas dia.

(Sumber: Kompas.com/Rendika Ferri Kurniawan)

https://www.kompas.com/tren/read/2022/03/29/171500165/jadwal-dan-link-sidang-isbat-penentuan-awal-ramadhan-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke