Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Partai Baru yang Siap Bertarung di Pemilu 2024

KOMPAS.com - Dua tahun menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, partai-partai baru telah bermunculan.

Partai-partai baru ini bahkan telah mengantongi Surat Keputusan (SK) Pengesahan Badan Hukum dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Hingga saat ini, tercatat sudah ada 6 partai baru yang mendeklarasikan diri dan siap bertarung di Pemilu 2024 jika lolos verifikasi dari KPU.

Daftar partai baru yang siap bertarung di Pemilu 2024

1. Partai Pelita

Partai Pelita menjadi nama terbaru yang muncul setelah mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) pada Senin (28/2/2022).

Ketua Majelis Permusyawaratan Partai (MPP) Partai Pelita Din Syamsuddin secara simbolik menyerahkan bendera partai kepada Ketua DPP Partai Pelita, Beni Pramula.

Beni diketahui pernah menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah periode 2014-2016 dan Presiden Pemuda Asia-Afrika periode 2015-2020.

Posisi Sekretaris Jenderal Partai Pelita dijabat oleh Tantan Taufiq Lubis yang merupakan Ketua Forum Pemuda Kerjasama Islam sekaligus pendiri Pemuda OKI Indonesia.

Politisi senior Amien Rais mendeklarasikan berdirinya Partai Ummat pada 29 April 2021.

Dalam kepengurusan partai, Amien menduduki jabatan sebagai Ketua Majelis Syuro, sementara posisi Ketua Umum dijabat oleh menantunya, Ridho Rahmadi.

Sejumlah tokoh yang hadir dalam acara deklarasi itu mantan Ketua Umum Partai Bulan Bintang MS Kaban, artis dan penyanyi senior Neno Warisman, serta eks terpidana kasus UU ITE Buni Yani.

Berdirinya Partai Ummat sendiri tak lepas dari dinamika politik yang dialami oleh Amien Rais sebagai imbas dari hasil Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) 2020.

3. Partai Kebangkitan Nasional (PKN)

Didirikan oleh sejumlah loyalis mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, PKN telah mengantongi SK pendirian partai dari Kemenkumham pada 2021.

Partai itu diketuai oleh Gede Pasek Suardika yang merupakan mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Hanura.

Beberapa loyalis Anas yang menjadi bagian PKN antara lain mantan anggota DPR dari Fraksi Demokrat Mirwan Amir, eks pengurus Demokrat Ian Zulfikar, aktivis HMI Asral Hardi, wartawan dan fotografer Bobby Triadi, serta Sri Mulyono yang kini jadi sekretaris jenderal PKN.

Partai yang diketuai oleh Arvindo Noviar ini telah terdaftar di Kemenkumham pada 2021.

Menurut Arvindo, SK Kemenkumham pendirian Partai Rakyat akan menjadi langkah awal dalam melakukan rekonsilidasi atau konsolidasi pengurus partainya di seluruh Indonesia.

5. Partai Rakyat Adil Makmur (Prima)

Partai Prima resmi mengantongi izin Kemnkumham sejak 2020. Agus Jabo Prioyono didapuk sebagai ketua umum.

Agus Jabo sebelumnya dikenal sebagai Ketua Umum Partai Rakyat Demokratik (PRD).

PRD sendiri merupakan wadah berkumpul bagi orang-orang yang anti terhadap Presiden Soeharto di era Orde Baru.

Karenanya, Agus Jabo juga dikenal sebagai salah satu aktivis dalam gerakan reformasi 1998 yang berhasil melengserkan Soeharto.

Partai yang digagas oleh Anis Matta dan Fahri Hamzah ini telah mendapat SK Kemenkumham pada Mei 2020.

Kedua nama itu juga dipilih sebagai Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum Partai Gelora.

Beberapa bulan setelah mendapat SK Kemenkumham, petinggi Partai Gelora bahkan telah bertemu Presiden Joko Widodo untuk memperkenalkan diri.

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas pada Oktober 2021, Partai Gelora menjadi partai politik baru yang paling dikenal publik.

Sumber: Kompas.com (Ardito Ramadhan/Haryanti Puspa Sari/Bagus Santosa/Fitria Chusna Farisa | Icha Rastika/Bagus Santosa/Rakhmat Nur Hakim)

https://www.kompas.com/tren/read/2022/03/01/130500365/daftar-partai-baru-yang-siap-bertarung-di-pemilu-2024

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke