Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintah India Minta Twitter Hapus Twit yang Kritik Penanganan Covid-19

Beberapa twit di antaranya ditulis oleh anggota parlemen lokal.

India kini berada dalam cengkraman gelombang kedua Covid-19 dengan mencatatkan rekor dunia kasus harian selama tiga hari berturut-turut.

Melansir Reuters, Minggu (25/4/2021), juru bicara Twitter mengatakan, pihaknya telah menahan beberapa twit setelah permintaan pemerintah India.

Menurut Twitter, pemerintah membuat perintah darurat untuk melakukan sensor twit.

Dalam permintaan hukum tertanggal 23 April 2021, ada 21 twit yang disebutkan, di antaranya adalah dari seorang anggota parlemen bernama Revnath Reddy, mantan menteri di negara bagian Benggala Barat bernama Moloy Ghatak, dan pembuat film Avinash Das.

Pemerintah menggunakan Undang-Undang Teknologi Informasi Tahun 2000 dalam permintaannya.

"Saat kami menerima permintaan hukum yang sah, kami meninjaunya berdasarkan Peraturan Twitter dan hukum setempat," kata juru bicara Twitter.

"Jika konten melanggar aturan Twitter, konten tersebut akan dihapus dari layanan. Jika ditetapkan sebagai ilegal di yurisdiksi tertentu, tetapi tidak melanggar Aturan Twitter, kami dapat menahan akses ke konten tersebut hanya di India," lanjut jubir Twitter tersebut.

Ia juga mengonfirmasi bahwa Twitter telah memberitahu pemegang akun secara langsung tentang penahanan konten mereka.

Rumah sakit kewalahan

Diketahui, rumah sakit di Delhi telah memperingatkan bahwa mereka berada di titik puncak. Di Holy Family Hospital, unit perawatan intensif penuh dan tidak ada ruang yang tersedia.

"Hampir setiap rumah sakit terancam. Jika oksigen habis, tidak ada kelonggaran bagi banyak pasien," kata Dr Sumit Ray.

"Dalam beberapa menit, mereka akan mati. Anda dapat melihat pasien-pasien ini menggunakan ventilator, mereka membutuhkan oksigen aliran tinggi. Jika oksigen berhenti, kebanyakan dari mereka akan mati," sambungnya.

Rumah sakit lain telah mengeluarkan pesan SOS untuk oksigen yang berkurang hingga 30 menit.

Rumah Sakit Moolchand yang memiliki 135 pasien Covid-19 menyebutkan, semua rumah sakit di daerah itu berada dalam situasi yang sama.

"Kami telah mempekerjakan semua staf malam kami untuk memastikan kami menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa," kata direktur medis Moolchand Madhu Handa.

Menurut dia, rumah sakit telah berhenti menerima pasien sampai situasinya teratasi.

Pada Jumat, Kepala Menteri Delhi Arvind Kejriwal memohon pasokan oksigen di TV langsung.

"Semua pabrik oksigen negara harus segera diambil alih oleh pemerintah melalui tentara," ujar dia.

"Oksigen, oksigen, dapatkah Anda memberikan saya oksigen? Saya bangun pagi ini karena menerima panggilan telepon yang menyedihkan dari seorang guru sekolah, yang suaminya sedang berjuang di rumah sakit," kata Handa.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/25/135500465/pemerintah-india-minta-twitter-hapus-twit-yang-kritik-penanganan-covid-19

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke