Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenang Ng Man-tat, Kawan Akting Stephen Chow

Ia meninggal dalam usia 70 tahun pada Sabtu (27/2/2021). Ng meninggal dunia di Rumah Sakit Union Tai, ditemani oleh anak-anak dan istrinya.

Ungkapan duka membanjiri lini masa media sosial. Warganet merasa kehilangan sosok yang sempat menghiasi dunia pertelevisian dengan aksi kocaknya.

Penampilan Ng di layar kaca selalu lekat dengan kehadiran Stephen Chow. Keduanya bahkan mendapat julukan pasangan emas yang lucu dan tidak masuk akal.

Lulusan TVB

Laki-laki kelahiran di Xiamen, Provinsi Fujian, China ini bermigrasi ke Hong Kong bersama orang tuanya saat masih kecil.

Ng memulai karier di industri penyiaran di usia muda. Ia sempat mendaftar di kelas akting yang diselenggarakan oleh TVB, sebuah stasiun televisi setempat.

Kelas akting tersebut juga mencetak Chow Yun-fat, serta aktor terkenal lainnya. Ternyata, Stephen Chow juga mengikuti kelas akting TVB.

Chow ikut Audisi kelas akting yang disponsori TVB. Ia pun mendapat peran di 430 Space Shuttle, acara televisi anak-anak tahun 1983.

Sebagai lulusan dari kelas akting yang sama, keduanya nampak kompak dan kocak di layar kaca.

Berbagi peran

Ng Man-tat dan Stephen Chow membintangi berbagai drama televisi. Salah satunya The Final Combat dan The Justice of Life pada akhir 1980-an.

Melansir South China Morning Post, Sabtu (27/2/2021), pemirsa kemudian jatuh cinta dengan chemistry Ng dan Stephen Chow.

Setelah kepopuleran keduanya meroket, Ng kembali mengambil bagian dalam banyak komedi dengan Stephen Chow.

Beberapa di yang paling populer, yaitu All for the Winner pada 1990 dan Shaolin Soccer pada 2001, yang juga merupakan film terakhir pasangan itu beradu akting bersama.

Rumor keretakan hubungan

Pasangan Ng dan Stephen Chow juga sempat berakting dalam Hail The Judge (1994) dan A Chinese Odyssey (1995) bagian 1 dan 2.

Melansir Todayonline.com, Minggu (28/2/2021), sempat dikabarkan renggang pada 2004.

Ini terjadi ketika Stephen Chow mengambil peran aktor utama Ng di Kungfu Hustle. Stephen Chow mengambil peran itu untuk dirinya sendiri.

Meskipun Man Tat membantah laporan tentang perselisihan, dia mengakui bahwa hubungan mereka tidak sedekat sebelumnya, yang disesalkan.

Ng mengatakan, dia dan Chow tidak berselisih satu sama lain, meski persahabatan mereka tidak seperti dulu. Ia menggambarkan hubungan mereka sebagai teman lama yang tidak bertemu lagi.

Ng menceritakan bahwa Stephen Chow sempat mengundangnya untuk berpartisipasi dalam sebuah film fantasi yang digarap pada 2016, berjudul The Mermaid.

Sayangnya, Ng harus menolak karena kesehatannya yang mulai memburuk.

Kesempatan yang dinanti Ng

Masih dari South China Morning Post, Ng sempat ditanya dalam sebuah program televisi China.

Ia ditanya apakah dia akan bekerja dengan Stephen Chow lagi dalam sebuah film. Ng menjawab, “Saya belum mati dan dia belum pensiun. Pasti akan ada kesempatan."

Kesempatan itu tak pernah datang.

Aktor pendukung yang melegenda ini telah berpulang, menyisakan deretan film dan serial yang dibintangi Ng Man Tat.

Meski tak dapat lagi melihat raganya, penggemar dan penikmat film Hong Kong dan China terus mengenang Ng melalui karya-karyanya.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/02/28/151200965/mengenang-ng-man-tat-kawan-akting-stephen-chow

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke