Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[KLARIFIKASI] Video dengan Narasi Penguburan Massal Produk Perancis

KOMPAS.com - Di media sosial beredar video dengan narasi penguburan massal terhadap produk asal Perancis.

Video itu beredar baru-baru ini ketika seruan untuk memboikot produk Perancis berkumandang.

Seruan boikut muncul sebagai respons atas pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron yang dinilai menghina umat Islam.

Dari penelusuran digital, narasi penguburan massal produk asal Perancis atas video unggahan tidak benar. Video tersebut pernah tayang pada 2016, jauh sebelum terjadinya respons terhadap pernyataan Presiden Macron.

Narasi yang Beredar

Akun Facebook Pak Taslam pada Sabtu (31/10/2020) mengunggah video berdurasi 15 detik. Video itu merekam puluhan truk berwarna putih berjejer di sebuah lapangan dengan tumpukan barang-barang di depan truk.

Sejumlah orang melempar ke luar barang dari dalam truk. Tampak juga sejumlah orang yang berdiri di lapangan ikut melempar barang-barang yang terserak di lapangan.

Dalam statusnya, Pak Taslam menulis:

"Penguburan Massal, Produk Perancis ?????"

Penelusuran digital

Kompas.com melakukan penelusuran digital untuk mengonfirmasi video itu.

Saat potongan gambar pada video yang diunggah akun Facebook di atas dimasukkan ke mesin pencari Google Image, salah satu hasil yang didapat yakni video yang diunggah channel Klapboard Post di YouTube pada 26 Desember 2016.

Unggahan tersebut berjudul "Pakistan Destroying Trucks Full of Indian Fake Currency - Modi's Demoentisation Impact-KlapboardPost."

Dalam bahasa Indonesia berarti "Pakistan menghancurkan truk-truk yang memuat penuh mata uang palsu India, dampak dari demonetisasi Modi."

Video berdurasi 1 menit tersebut menayangkan barang-barang yang dilemparkan dari dalam truk ke lapangan terbuka.

Sebagian isi video persis sama dengan video unggahan akun Facebook dengan narasi penguburan massal produk Perancis. 

Hasil pencarian lainnya memunculkan hal yang berbeda. Situs web Al Arabiya pada 17 November 2016 memuat video yang sebagian isinya mirip dengan video unggahan akun Facebook Pak Taslam.

Video itu dimuat di artikel bertajuk "Video shows Saudi Arabia getting rid of 80,000 packs of ‘spoiled chicken'" atau "video menunjukkan Arab Saudi membuang 80.000 bungkus ayam busuk."

Menurut artikel tersebut, video menayangkan para pekerja tengah menurunkan dan membuang ribuan bungkus ayam dari sekitar 25 truk yang terparkir di padang pasir.

Operasi resmi itu berada di bawah pengawasan Sekretariat wilayah al-Qassim dengan tujuan membuang sekitar 80.000 bungkus ayam kadaluarsa yang tidak layak konsumsi.

Ayam kadaluarsa dalam bungkusan itu disita dari 25 truk berpendingin sebelum didistribusikan ke dalam ke luar distrik al-Qassim.

Kesimpulan

Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, video dengan narasi penguburan massal terhadap produk asal Perancis tidak benar. Video itu pernah tayang pada 2016 dengan narasi yang berbeda-beda.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/03/123326765/klarifikasi-video-dengan-narasi-penguburan-massal-produk-perancis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke