Singapura Siap Beralih ke 4G, Indonesia Kapan?

Kompas.com - 24/12/2011, 10:51 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Operator Singapura, Singtel akan mulai memperkenalkan jaringan pita lebar 4G pada Kamis, (22/12/2011) di seluruh wilayah Singapura. Dengan jaringan termutakhir tersebut, kecepatan unduh data bisa mencapai tiga kali lebih cepat dibandingkan 3G atau teknologi HSPA.

Seperti dikutip dari Channel News Asia, kecepatan jaringan 4G yang menggunakan teknologi LTE di Singapura ini mampu mencapai 75 Mbps. Pada masa uji coba, layanan ini hanya bisa dinikmati melalui dongle USB saja. Ternyata layanan ini bisa dipakai di semua perangkat mobile yang mendukung teknologi tersebut.

Executive Vice President of Digital Consumer Singtel Yuen Kuan Moon menjelaskan jaringan LTE bakal meningkatkan akses data di perangkat ponsel. Dengan layanan bandwidth yang tinggi, pengakses data bakal merasakan kecepatan berbagi data baik musik, dokumen maupun video.

Tahun depan, layanan 4G ini diperkirakan bisa mencakup 80 persen wilayah Singapura. Namun di akhir 2013, layanan ini juga bakal ada hingga mencakup 95 persen wilayah Singapura.

Ini menjadi langkah pertama bagi Singapura. Ke depan, operator lain di Singapura juga bakal menerapkan teknologi yang sama.

Masalahnya, jika tetangga sebelah saja sudah memakai teknologi 4G ini, Indonesia kapan? Padahal pertengahan tahun ini, telah ditetapkan beberapa perusahaan yang berhak menggelar jaringan Wimax 4G. Namun, hingga kini belum terdengar gaungnya.

Bahkan, sempat beredar kabar pemerintah akan "melewatkan" Wimax dan akan menggunakan teknologi 4G lain, yaitu LTE.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.