Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olimpiade Paris 2024, Tekad Indonesia Pertahankan Tradisi Medali Emas

Kompas.com - 26/03/2024, 10:00 WIB
Ahmad Zilky,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024, Anindya Novyan Bakrie, menginginkan Indonesia dapat mempertahankan tradisi emas Olimpiade.

Anindya Novyan Bakrie menekankan bahwa tujuan mempertahankan tradisi emas Olimpiade dapat tercapai dengan sinergi antara Kemenpora, KOI, KONI, dan federasi.

“Intinya, kami semua ingin bendera Merah Putih sering berkibar dan lagu Indonesia Raya berkumandang di Paris nanti yang menandaakan medali emas bisa diraih,” kata Anindya dalam rilis yang diterima Kompas.com.

“Sebagai CdM, saya mengajak semua bersatu, bersama-sama menjaga semangat kolektif untuk menghadapi Olimpiade Paris 2024.”

Baca juga: Mbappe Berniat Main di Olimpiade, Tergantung Keputusan Klub

“Ini bukan perjuangan satu pihak tapi yang perjuangan kita bersama untuk mengharumkan nama bangsa,” jelas dia.

Ketua Umum Komite Olahraga Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari, berpesan kepada atlet Indonesia agar mempersiapkan diri dengan baik.

"Olimpiade ini menjadi puncak prestasi olahraga dunia, sehingga kita semua elemen-elemen olahraga di Indonesia ini harus bisa disinergikan agar para atlet bertanding tanpa beban,” kata dia.

“Jadi effort kita jangan terlalu berlebihan tapi buat atlet nyaman sehingga dapat menampilkan performa terbaik nanti," ujar Raja Sapta Oktohari.

Baca juga: Wakil Indonesia Raih Kejayaan di All England, Emas Olimpiade Jadi Sasaran

Di lain sisi, Menpora, Dito Ariotedjo, menuturkan persiapan Olimpiade 2024 masih dalam tahap yang intensif.

Menurut Dito Ariotedjo, para atlet pun terus berjuang untuk bisa lolos kualifikasi.

"Olimpiade tahun ini adalah ditahun terakhir kepemimpinan Presiden Jokowi,” kata Dito Ariotedjo.

“Yang pasti kita ingin minimal bertahan, harapanya bisa memberi kejutan. Semoga ini bisa menjadi hadiah yang baik untuk masyarakat dan Presiden Jokowi," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman berharap CdM Anindya Novyan Bakrie dapat membawa tim Olimpiade kali ini meraih prestasi lebih baik dibandingkan Olimpiade sebelumnya.

Baca juga: Fajar/Rian ke Semifinal All England 2024, Strategi Jitu Redam Juara Olimpiade

"Saya yakin di bawah koordinasi NOC dan CdM Anindya Bakrie, Insya Allah kita akan menyatukan harapan bangsa Indonesia untuk meraih prestasi terbaik," ungkapnya.

Adapin saat ini, Indonesia telah mengamankan tujuh tiket ke Olimpiade Paris 2024 dari Paris yaitu, Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), Rifda Irfanaluthfi (senam), Fathur Gustafian (menembak), Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing), Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing), dan Rio Waida (selancar).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com