Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia U17 2023: Bukti Indonesia Bisa, Bekal Jadi Tuan Rumah Ajang Lebih Besar

Kompas.com - 02/12/2023, 15:16 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Piala Dunia U17 2023 menjadi bukti bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah turnamen internasional level FIFA. Kesuksesan menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023 juga menjadi bekal bagi Indonesia untuk menggelar ajang lebih besar pada masa mendatang.

Piala Dunia U17 2023 yang diselenggarakan di Indonesia sejak 10 November lalu telah memasuki fase final.

Partai final Piala Dunia U17 2023 yang mempertemukan Jerman dengan Perancis bakal digelar di Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu (2/12/2023) malam WIB.

Baca juga: Peran Keluarga Pemain Jelang Final Piala Dunia U17 2023, Saran dan Dukungan dari Rumah

Adapun Stadion Manahan di Kota Solo menjadi salah satu dari empat venue Piala Dunia U17 2023.

Selain Stadion Manahan, tiga arena lain adalah Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023 yang lancar dari hari pertama sampai final pun mendapat apresiasi dari Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Budi Arie Setiadi.

"Ini adalah kerja sama kita untuk menyukseskan Piala Dunia U17 2023 karena ini perhelatan pertama tingkat dunia untuk olahraga, khususnya sepak bola yang diselenggarakan di Indonesia," kata Budi Arie Setiadi dalam sesi konferensi pers di Information Center Piala Dunia U17 2023, Hotel Solia Zigna Kampung Batik, Solo.

Baca juga: Mali Peringkat 3 Piala Dunia U17 2023: Sepak Bola Bahagia, Benamkan Argentina di Manahan

Budi menambahkan, Piala Dunia U17 2023 menjadi bukti bahwa Indonesia sanggup menjadi tuan rumah ajang internasional tingkat tinggi.

"Ini adalah pelajaran bahwa kita, bangsa Indonesia, mampu menyelenggarakan event dunia."

"Ini akan mengangkat kita bahwa kita pernah menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia walaupun masih U17. Bukan tidak mungkin suatu saat kita bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia yang senior," ucap Budi.

Di lain sisi, Budi juga mengakui bahwa penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023 di Indonesia tak bisa lepas dari kendala dan tantangan.

Namun, menurut Budi, hal itu justru menjadi pelajaran bagi Indonesia jika pada masa mendatang ingin menjadi tuan rumah event lebih besar khususnya di dunia olahraga.

"Kita masih harus belajar. Masih banyak kendala dan tantangan. Namun, kita optimis bahwa suatu saat prestasi sepak bola kita akan meningkat dan kesiapan kita sebagai tuan rumah sudah teruji," kata Budi Arie Setiadi menegaskan.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Final Piala Dunia U17 2023, Jerman Vs Perancis Malam Ini

Adapun Information Center yang disediakan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Hotel Solia Zigna Kampung Batik, Solo, menjadi pusat kegiatan media selama penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023.

Di tempat tersebut, awak media disediakan fasilitas lengkap mulai dari ruang kerja dengan internat cepat, zona relaksasi, sampai interview corner untuk wawancara narasumber.

Information Center di Hotel Solia Zigna Kampung Batik pun dibuka setiap hari dari pukul 10.00 WIB sampai 23.00 WIB selama penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com