Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CdM Basuki dan Ketua NOC Apresiasi Atlet Peraih Medali Asian Games 2022

Kompas.com - 27/09/2023, 09:22 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia, Basuki Hadimuljono, bersama Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, menghadiri santap malam bersama para atlet di Dining hall Atheletes Village Asian Games 2022, Hangzhou, Selasa (26/9/2023).

Dalam kegiatan tersebut, CdM mengaku bangga atas raihan medali yang diperoleh para atlet. Sampai saat ini, Indonesia menempati di urutan ketujuh dengan perolehan 3 emas, 1 perak, dan 5 perunggu.

Kemarin, dua keping emas tambahan dipersembahkan penembak Muhammad Sejahtera Dwi Putra di nomor 10 m Running Target Mixed Run.

Sementara itu, medali emas lainnya diraih atlet wushu Harris Horatius yang turun di nomor Nanquan & Nangun putra.

Tambahan medali perunggu didapat dari trio penembak Merah Putih, yaitu Muhammad Sejahtera Dwi Putra/Muhammad Badri Akbar/Julio Irfandi yang turun di nomor Shooting-Men’s 10 m Running Target Mixed Run Team.

Baca juga: Daftar Atlet Indonesia Peraih Medali Asian Games 2022

"Alhamdulillah setelah 72 tahun dari cabor menembak mendapat medali, dan sekarang mendapat emas. Ini tidak main-main, satu emas satu perunggu. Ada pula wushu yang kemarin mendapat perak, dan kini meraih emas," ucap Basuki.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, pun mengapresiasi prestasi para atlet.

"Menembak bisa mengukir sejarah, sementara wushu bisa meraih emas di rumah-nya wushu. Ini sama seperti pencak silat, ada negara lain mendapat emas di Indonesia,” kata Okto, sapaan karib Raja Sapta.

Di samping itu, para peraih medali mendapat apresiasi berupa rumah dari Presiden Jokowi.

Selain itu, Basuki yang sekaligus berperan sebagai Menteri PUPR turut memberikan bonus tambahan atas prestasi yang diraih oleh para atlet.

CdM Basuki memberikan 2.000 USD untuk peraih emas perorangan, 1.500 USD bagi emas ganda atau trio, dan 1.000 USD yang memenangi emas beregu.

Baca juga: Asian Games 2022, Putri KW Tegang, tetapi Tak Berlebihan, Rian Silau Lampu

Selain itu, Basuki optimistis Indonesia bisa meraih taget yang diberikan oleh Presiden.

"Kami masih punya banyak nomor peluang medali, ada bulu tangkis, sport climbing, angkat besi. Ada wushu dan shooting juga masih memiliki potensi perolehan medali,” ucap Basuki.

Pada Asian Games 2022, Indonesia mengirimkan 413 atlet yang turun di 202 nomor pertandingan, 41 disiplin, 30 cabor.

Pada Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, Indonesia berhasil finis di posisi keempat dengan raihan 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Menjalani Asian Games 2022, tentu saja target raihan medali emas menurun. Salah satu penyebabnya adalah tidak adanya cabor pencak silat yang dipertandingkan pada kali ini. 

Ketika Asian Games ke-18 Indonesia, banyak meraih emas dari cabor pencak silat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com