Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjuangan Maria Londa di SEA Games 2023: Cedera Berujung Perak dan Emas

Kompas.com - 11/05/2023, 17:30 WIB
Farahdilla Puspa,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Atlet atletik Indonesia, Maria Natalia Londa, melewati perjuangan menyakitkan sebelum meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja. 

Maria Natalia Londa membawa pulang dua medali SEA Games 2023 cabang olahraga atletik di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023).

Atlet berusia 32 tahun itu meraih medali perak dari nomor lompat jangkit putri, sebelum akhirnya mempersembahkan emas di nomor lompat jauh. 

Namun, Maria melalui perjuangan berat demi mengharumkan nama Indonesia. Ia sempat mengalami cedera tibialis saat bertanding di nomor lompat jangkit. 

Baca juga: Klasemen Medali SEA Games 2023, Indonesia Tertahan di Posisi Keempat

"Ketika lompat jangkit, papan tumpuannya menonjol sekitar 1 cm. Kemudian, saya terkena tibialis di bagian kaki," kata Maria, dilansir dari Antara News. 

"Kaki saya sangat kencang sekali dan itu tidak cukup dengan hanya dipijat. Jadi, harus ditusuk atau akupuntur," ucap Maria melanjutkan. 

Maria pun berterima kasih kepada semua tim termasuk medis yang sigap menangani cederanya, sehingga ia berhasil mendapatkan medali emas pada nomor lompat jauh. 

Ia menjadi yang terbaik di nomor lompat jauh setelah melakukan lompatan 6,28 metere pada percobaan kelima. 

Baca juga: Apresiasi Menpora soal Kejutan di SEA Games 2023

Maria mengalahkan dua wakil Vietnam, yakni Thi Thua Thoa Bui (6,13 meter) dan Thi Loan Bui (6,02 meter). 

"Bersyukur bisa sehat dan mempersembahkan emas. Pelunasan proses yang kemarin di SEA Games Vietnam dapat dua perunggu. Jangan pernah menyerah," kata Maria Natalia Londa. 

Emas dari nomor lompat jauh menambah koleksi medali Maria sepanjang kiprahnya di ajang SEA Games menjadi 16 medali dengan rincian enam emas, enam perak, dan empat perunggu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com