Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Petarung Indonesia Merajut Asa ke UFC, Jeka Saragih Kirim Pesan

Kompas.com - 17/04/2023, 10:30 WIB
Eris Eka Jaya,
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lima petarung Indonesia akan berlaga pada ajang Road to UFC 2 yang digelar di Shanghai, China, pada 27-28 Mei 2023. 

Kelima atlet olahraga seni bela diri campuran atau mixed martial arts (MMA) tersebut adalah Billy Pasulatan, Ronal Siahaan, Windri Patilima, Epraim Ginting, dan Rheza Arianto. 

Mereka pun sudah menjalani latihan di MMA Fight Academy di San Diego, Amerika Serikat, menjelang Road to UFC 2. 

MMA Fight Academy adalah sebuah program pengembangan dan manajemen karier atlet MMA hasil kolaborasi antara Mola dan Cage Warriors.

Baca juga: Jeka Saragih Menuju Debut UFC, Tendangan Maut untuk Janji-janji Palsu

Di MMA Fight Academy, para fighter tinggal dan berlatih di San Diego, AS, di bawah arahan pelatih kepala profesional, Marc Fiore, eks pelatih juara UFC, Matt Hughes dan Robbie Lawler. 

Jeka Saragih yang sudah mendapatkan kontrak dan tengah bersiap melakoni debut di ajang Ultimate Fighting Championship (UFC) pun memberikan pesan. 

Petarung berusia 28 tahun tersebut berharap mereka bisa menjalani segala prosesnya, memaksimalkan setiap kesempatan, dan membawa harum nama Indonesia. 

"Ketika mereka bisa melewati proses, semua itu punya kesempatan," kata Jeka Saragih dalam wawancara bersama KOMPAS.com di San Diego, Amerika Serikat, Sabtu (15/4/2023). 

Baca juga: 5 Atlet MMA Indonesia Siap Tembus UFC Ikuti Jejak Jeka Saragih

"Proses itulah yang bisa membawa mereka menjadi juara dan membuktikan kepada masyarakat Indonesia bahwa kami layak diperhitungkan dan bisa memberi yang terbaik untuk Indonesia," ujarnya. 

Jeka Saragih juga mengapresiasi hadirnya program MMA Fight Academy yang memberikan kesempatan bagi petarung Indonesia untuk tampil di pentas dunia.

"Sangat bagus karena dengan adanya program ini, promotor dunia itu bisa melirik Indonesia dan Indonesia bisa lebih kenal lagi," ucap Jeka.

"MMA Fight Academy ini bisa memperkenalkan Indonesia lebih luas lagi. Di kamp ini juga bisa menjadi ada wadah untuk bakat-bakat petarung," tuturnya. 

Jeka Saragih mendapatkan kontrak lima pertandingan UFC setelah memikat perhatian promotor lewat penampilan impresifnya pada turnamen Road to UFC. 

Pertarungan pertama Jeka Saragih di pentas UFC dijadwalkan berlangsung pada 17 Juni 2023.

Saat ini, dia tengah fokus menjalani program latihan di San Diego, Amerika Serikat, untuk bersiap melakoni debut UFC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com