Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Justin Hubner di Antara Timnas Indonesia atau Belanda

Kompas.com - 21/03/2023, 13:00 WIB
Mochamad Sadheli

Penulis

KOMPAS.com - Gelandang muda Wolverhampton Wanderers, Justin Hubner, mendapat panggilan dua timnas sekaligus pada bulan Maret 2023.

Timnas Belanda lebih dulu menuliskan nama Justin Hubner di skuad U20 mereka. Dia akan berseragam oranye melawan Perancis pada 25 Maret 2023 di Spanyol.

Kemudian Shin Tae-yong merilihs 29 nama pemain timnas U20 Indonesia untuk pemusatan latihan Piala Dunia U20 2023 pada Jumat (17/3/2023).

Dalam pemanggilan tersebut, nama Justin Hubner turut masuk di dalamnya. Begitu juga dengan calon pemain naturalisasi lainnya seperti Rafael Struick dan Ivar Jenner.

Baca juga: Komentar Shin Tae-yong soal Justin Hubner Dipanggil Timnas U20 Belanda

Shin Tae-yong menjelaskan mereka akan kumpul pada 20 Maret 2023 di Jakarta selama 10 hari selanjutnya persiapan pemusatan latihan ke Korea Selatan.

Situasi tersebut akan menjadi pilihan berat bagi Justin Hubner karena harus berseragam dua timnas level junior dalam waktu yang bersamaan.

Akan tetapi, Shin Tae-yong dan PSSI yakin betul dengan sang pemain bakal membela Merah Putih.

Komentar Shin Tae-yong

"Ini memang bisa terjadi masalah seperti karena proses naturalisasinya kurang cepat ya," kata pelatih timnas U20 Indonesia, Shin Tae-yong.

Baca juga: Proses Naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick Dapat Dukungan DPR

Sejauh ini proses naturalisasi belum rampung kendati Presiden RI Joko Widodo telah memberikan arahan dan menyetujuinya.

"Tetapi saya memang langsung telpon dengan Justin, dua hari yang lalu, dan dia masih niat ya dan dia mau menjadi Warna Negara Indonesia."

"Jadi walaupun dipanggil dari timnas Belanda ya tidak masalah, yang penting kita akan tetapi proses, melanjutkan proses naturalisasi," kata Shin dikutip Antara News.

PSSI Buka Suara

Keyakinan yang sama juga diungkapkan oleh PSSI melalui Direktur Teknik mereka, Indra Sjafri.

Baca juga: Erick Thohir Pastikan Proses Naturalisasi Justin Hubner dkk Lanjut

"Hingga saat ini, dia masih berkomitmen. Terakhir dia mengatakan masih berkomitmen," terang Indra dikutip dari situs yang sama.

Soal proses, Indra menegaskan sudah mendapat restu dan rekomendasi dari Komisi X DPR RI.

"Pada prinsipnya DPR menyetujui naturalisasi tiga pemain dengan syarat kita harus berbenak, (memperhatikan) pembinaan usia dini, dan menyiapkan roadmap jangka panjang, menengah, dan pendek PSSI," terang Indra.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com