Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vietnam Kalah di Final Piala AFF 2022, Park Hang-seo Minta Maaf

Kompas.com - 17/01/2023, 05:30 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber Zing

KOMPAS.com - Pelatih timnas Vietnam, Park Hang-seo, meminta maaf usai timnya kalah dari Thailand pada final Piala AFF 2022.

Vietnam kalah 0-1 dari tuan rumah Thailand pada leg kedua final Piala AFF 2022 yang digelar Senin (16/1/2023) malam WIB.

Bertanding di Stadion Thammasat, Bangkok, timnas Vietnam besutan Park Hang-seo takluk dari Thailand melalui gol tunggal Theeraton Bunmathan pada menit ke-24.

Skor 1-0 sudah cukup bagi Thailand untuk mengunci kemenangan agregat 3-2 atas Vietnam.

Pada pertandingan leg pertama di Hanoi, Thailand mampu membawa pulang hasil imbang 2-2.

Baca juga: Hasil Thailand Vs Vietnam 1-0, Gajah Perang Juara Piala AFF 2022!

Di kubu Vietnam, kekalahan dari Thailand pada final Piala AFF 2022 membuat pelatih Park Hang-seo gagal memberikan perpisahan manis kepada para pendukung The Golden Star Warriors.

Juru taktik asal Korea Selatan tersebut dipastikan mundur dari kursi pelatih timnas Vietnam usai turnamen Piala AFF tahun ini.

"Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat kepada Thailand dan pelatih Alexandre Polking. Saya ingin memenangkan kejuaraan untuk memberikan hadiah kepada penggemar Vietnam, tetapi saya tidak bisa," kata Park Hang-seo usai laga, dikutip Zing News.

"Maaf, saya pikir kemampuan saya berkurang. Para pemain telah bekerja sangat keras. Saya berharap para penggemar akan menyemangati atau mengkritik mereka," imbuh pelatih berusia 65 tahun tersebut.

Baca juga: Daftar Juara Piala AFF: Thailand Raih Gelar Ke-7, Indonesia Spesialis Runner-up

Park Hang-seo dipercaya menangani timnas Vietnam sejak 2017 lalu.

Selain membesut skuad senior, ia juga menukangi tim U23 The Golden Star Warriors.

Bersama Park Hang-seo, Vietnam berhasil menjadi juara Piala AFF 2018.

Selain itu, kompatriot Shin Tae-yong tersebut juga berhasil membawa timnas U23 Vietnam meraih medali emas sepak bola SEA Games 2019 dan 2021.

Park Hang-seo pun mengaku merasa sangat sedih ketika harus meninggalkan anak asuhnya.

"Saya pikir saya masih seorang pelatih yang banyak kekurangan, selalu berjuang di setiap pertandingan. Penyesalannya adalah saya nanti tidak menemani para pemain."

"Kami telah mengalami banyak suka dan duka bersama. Tidak lagi bersama pemain membuat saya sangat sedih," tutur Park Hang-seo.

Baca juga: Indra Sjafri Bicara Nasib Shin Tae-yong Usai Piala AFF 2022

Kekalahan di final Piala AFF 2022 dari Thailand juga membuat Vietnam gagal menambah koleksi trofi turnamen sepak bola negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Koleksi trofi Piala AFF milik Vietnam terhenti di angka dua yang mereka raih pada edisi 2008 dan 2018.

Sementara itu bagi Thailand, ini merupakan gelar Piala AFF ketujuh yang semakin menegaskan status mereka sebagai raja sepak bola Asia Tenggara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com