Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

94 Hari Jelang Piala Dunia 2022: Selebrasi Celana Melorot Giuseppe Meazza di Piala Dunia 1938

Kompas.com - 18/08/2022, 04:59 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

Sumber ESPN,,The Score

KOMPAS.com - Piala Dunia 1938 meninggalkan banyak cerita. Salah satu kisah ikonik yang terjadi pada turnamen yang digelar di Perancis itu adalah selebrasi celana melorot penyerang timnas Italia, Giuseppe Meazza.

Perancis menjadi tuan rumah Piala Dunia pada musim panas 1938. Ini adalah edisi ketiga dari turnamen sepak bola terakbar di dunia tersebut.

Piala Dunia 1938 diikuti oleh 15 tim peserta termasuk tuan rumah Perancis. Sementara itu, Austria mengundurkan diri dari turnamen karena terjadinya aneksasi (pengambilan paksa) yang dilakukan pasukan Jerman di bawah komando Adolf Hitler.

Timnas Italia datang ke Piala Dunia 1938 sebagai juara bertahan.

Empat tahun sebelumnya, Italia mengangkat trofi Jules Rimet di rumah sendiri dengan mengalahkan Cekoslowakia di partai final.

Baca juga: 100 Hari Jelang Piala Dunia 2022: Lucien Laurent Naik Kapal 15 Hari hingga Cetak Gol Pertama Piala Dunia

"Campur Tangan" Benito Mussolini

Italia tampil di Piala Dunia 1938 dimotori oleh sang kapten, Giuseppe Meazza. Di kursi pelatih juga masih ada Vittorio Pozzo, peracik taktik Italia saat menjadi juara empat tahun sebelumnya.

Italia mengawali kiprah di Piala Dunia 1938 dengan melawan Norwegia pada babak 16 besar. Italia harus berjuang hingga extra time untuk menyingkirkan lawannya itu.

Usai melewati adangan Norwegia, Italia lantas berjumpa tuan rumah pada perempat final. Dilansir dari The score, pada momen inilah Benito Mussolini yang kala itu berkuasa di Italia ikut "campur tangan".

Atas perintah Mussolini, Giuseppe Meazza dkk mengenakan seragam tanding berwarna hitam ketika jumpa Perancis. Padahal, seharusnya Italia memakai seragam putih.

Mussolini memerintahkan Italia memakai seragam hitam karena warna hitam adalah simbol paramiliter fasis Italia. Disebutkan juga bahwa para pemain Italia melakukan hormat fasis sebelum sepak mula.

Baca juga: 99 Hari Jelang Piala Dunia 2022: Hector Castro, Pahlawan Satu Tangan Uruguay di Piala Dunia 1930

Di lapangan, Italia tampil menggila di hadapan lebih dari 50.000 penonton yang memadati Stadion Olympique de Colombes.

Italia berhasil mengalahkan tuan rumah Perancis dengan skor 3-1. Luigi Colaussi mencetak satu gol, sedangkan Silvio Piola memborong dua gol.

Celana Melorot Meazza di Semifinal

Italia melaju ke semifinal untuk menantang Brasil. Duel Italia kontra Brasil pada semifinal Piala Dunia 1938 menyisakan kisah ikonik tentang celana melorot Giuseppe Meazza.

Melawan Brasil Stade Velodrome, Marseille, Italia memimpin pada menit ke-51 melalui gol Luigi Colaussi.

Sembilan menit kemudian, Italia punya peluang menambah gol lewat titik putih. Wasit asal Swiss, Hans Wutrich, memberikan penalti untuk Italia.

Baca juga: 98 Hari Jelang Piala Dunia 2022, Cerita Trio Argentina Bawa Italia Juara

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com