Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Indonesia Vs Nepal 7-0: Lolos Piala Asia, Ruang Ganti Bersih, Terima Kasih Kuwait...

Kompas.com - 15/06/2022, 06:41 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Sikap terpuji ditunjukkan oleh para pemain timnas Indonesia usai menang 7-0 atas Nepal yang membuat Garuda lolos ke Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong bersua Nepal pada pertandingan terakhir Grup A putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang dilaksanakan di Kuwait.

Laga timnas Indonesia vs Nepal yang digelar di Stadion Internasional Al Ahmad, Kuwait City, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB, berakhir dengan kemenangan tujuh gol tanpa balas skuad Garuda.

Witan Sulaeman mengemas dua gol bagi timnas Indonesia, masing-masing pada menit ke-43 dan 81. 

Lima gol Garuda lainnya dicetak oleh Dimas Drajad (6'), Fachruddin Aryanto (54'), Saddil Ramdani (55'), Elkan Baggott (80'), dan Marselino Ferdinan (90').

Baca juga: Hasil Timnas Indonesia Vs Nepal: Menang Telak 7-0, Garuda Lolos ke Piala Asia!

Di balik euforia kemenangan telak atas timnas Nepal pada laga pamungkas Kualifikasi Piala Asia 2023, skuad timnas Indonesia mampu menunjukkan sikap terpuji.

Sebelum meninggalkan Stadion Internasional Al Ahmad usai laga kontra timnas Nepal, skuad Garuda tak lupa membersihkan ruang ganti mereka.

Pada foto yang diunggah oleh kitman timnas Indonesia, Hasan Mughni, tampak ruang ganti yang ditempati oleh skuad Garuda dalam keadaan bersih.

Timnas Indonesia pun mengucapkan terima kasih kepada Kuwait yang menjadi tempat skuad Garuda berjuang selama Kualifikasi Piala Asia 2023.

Kalimat "Matur suwun Kuwait" yang berarti "Terima kasih Kuwait" tertulis di papan tulis yang ada di ruang ganti skuad Indonesia.

Foto ruang ganti timnas Indonesia usai laga kontra Nepal pada Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Al Ahmad, Kuwait City, pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. (Sumber foto: Tangkapan layar Instagram Hasan Mughni)Instagram/hasanmughni Foto ruang ganti timnas Indonesia usai laga kontra Nepal pada Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Al Ahmad, Kuwait City, pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. (Sumber foto: Tangkapan layar Instagram Hasan Mughni)

Baca juga: Klasemen Akhir Kualifikasi Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Runner-up, Lolos ke Piala Asia

Adapun, kemenangan atas Nepal membuat timnas Indonesia mengakhiri kiprah di Kualifikasi Piala Asia 2023 sebagai runner-up Grup A.

Tim Garuda mengumpulkan enam poin hasil dua kali menang dan sekali kalah. Dua kemenangan dibukukan atas tuan rumah Kuwait (2-1) dan Nepal.

Sementara itu, satu kekalahan Garuda diderita ketika takluk 0-1 dari Yordania pada pertandingan kedua.

Yordania yang menyapu bersih tiga laga menjadi pemuncak klasemen akhir Kualifikasi Piala Asia 2023 Grup A dengan nilai sembilan.

Tuan rumah Kuwait yang hanya sanggup meraih tiga poin berada di peringkat ketiga, sedangkan Nepal yang selalu kalah dalam tiga laga menghuni posisi terakhir.

Baca juga: Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023, Akhir Penantian 15 Tahun

Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 sebagai salah satu dari lima tim peringkat kedua terbaik masing-masing grup.

Selain Indonesia, lima tim lainnya yang lolos ke Piala Asia tahun depan via jalur runner-up terbaik adalah Kyrgyzstan, Malaysia, Thailand, dan Hong Kong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com