Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Tembus 3 Besar SEA Games 2021, Awal Baik Pelaksanaan DBON

Kompas.com - 24/05/2022, 11:40 WIB
Celvin Moniaga Sipahutar,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia menuai hasil positif di SEA Games 2021 Vietnam dengan menembus peringkat tiga besar. 

Hasil ini menurut Tim Review berkat kinerja yang ditunjukkan Menpora Zainudin Amali dalam mengawal pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Ketua Tim Review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora, Prof. Dr. Moch. Asmawi, mengatakan pencapaian SEA Games kali ini berkat kerja keras semua pihak yang berjalan dengan baik.

Baca juga: Agenda Timnas Indonesia Setelah SEA Games 2021

Asmawi juga mengapresiasi Menpora Amali yang terus mengawal proses lahirnya DBON dan penerapannya di SEA Games 2021 Vietnam.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi dengan kinerja Pak Menpora yang selama ini mengawal DBON dengan baik," kata Asmawi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (24/5/2022).

"Selama penerapan DBON di SEA Games kali ini memang banyak tantanganya. Namun, kami tim review selalu terus mendapat dukungan Menpora Amali, dan alhamdulilah berjalan dengan sukses," tuturnya.

Baca juga: Timnas Basket Tiba di Indonesia, Marques Bolden Tebar Senyuman, Tunjukkan Emas SEA Games 2021

Menurut Asmawi, jalur yang benar pelaksanaan DBON ini juga harus dipertahankan, karena ini adalah titik awal dalam perubahan pardigma baru olahraga Indonesia. 

"Saya kira pelaksanaan DBON sekarang sudah benar, dan perlu kami tingkatkan lagi kedepannya," Asmawi yang juga sebagai akademisi di Universitas Negeri Jakarta. 

Hal yang sama juga disampaikan anggota Tim Review, Hari Setiono. Menurutnya, pelaksanaan DBON ini mulai terlihat diimplementasikan di SEA Games 2021 Vietnam.

Baca juga: 5 Sejarah Atlet Indonesia di SEA Games 2021

Salah satunya dengan jumlah keberangkatan atlet yang menurutnya lebih efektif untuk menggapai sasaran medali. 

"Saya kira ini adalah awal yang baik dan benar dalam pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional, dan pola ini harus ditingkatkan lagi," ucap Hari.

"Pak Menteri memiliki peran yang besar, dan alhamdulilah selama ini terus mendukung dengan apa yang dilakukan tim review," ujarnya.

"Hasilnya Indonesia sekarang bisa menembus tiga besar SEA Games 2021 Vietnam, meskipun target utama kita adalah Olimpiade," katanya menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com