Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SEA Games Batu Loncatan untuk Atlet: Kibarkan Merah Putih di Tiang Tertinggi, Pahlawan!

Kompas.com - 24/05/2022, 05:20 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Ketua National Olympic Committee of Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari, mengatakan bahwa SEA Games 2021 bisa menjadi batu loncatan bagi para atlet untuk meraih prestasi lebih tinggi.

Kontingen Indonesia yang berjuang di SEA Games 2021 Vietnam telah kembali ke Tanah Air pada Sabtu (21/5/2022).

Rombongan tim Merah Putih yang terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial cabang olahraga atletik, boling, gulat, panahan, renang, dan taekwondo itu tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Kedatangan tim Indonesia tersebut disambut oleh Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Chandra Bhakti, dan Anggota Komite Eksekutif NOC Indonesia Jadi Rajagukguk.

Baca juga: Sebelum SEA Games Vietnam 2021, Pemerintah Malaysia Potong Dana Olahraga

Dalam sambutannya, Raja Sapta Oktohari mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota tim Indonesia yang sudah berjuang mengharumkan Merah Putih di SEA Games 2021.

"Kalian adalah pahlawan yang memberikan harapan bagi bangsa dan negara," kata Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari, dikutip dari laman resmi NOC Indonesia.

"Terima kasih atas perjuangannya dan salam untuk keluarga di rumah. Jangan lupa untuk kembali berlatih," imbuh Okto.

Tim Kata Beregu Putra Indonesia berfoto bersama Sekjen PB FORKI Raja Sapta Ervian usai medal?s ceremony SEA Games 2021 Vietnam di The Sports Competition Center of Ninh Binh, Jumat (20/5). Tim Kata Beregu Putra Indonesia mempersembahkan emas keempat bagi Merah Putih. Dok. NOC Indonesia Tim Kata Beregu Putra Indonesia berfoto bersama Sekjen PB FORKI Raja Sapta Ervian usai medal?s ceremony SEA Games 2021 Vietnam di The Sports Competition Center of Ninh Binh, Jumat (20/5). Tim Kata Beregu Putra Indonesia mempersembahkan emas keempat bagi Merah Putih.

Okto juga mengapresiasi kinerja pelatih dan ofisial yang mendampingi para atlet selama persiapan dan penyelenggaraan SEA Games 2021.

Menurut Okto, pelatih dan ofisial memiliki peran penting dalam mendukung performa atlet di lapangan.

"Atlet itu ujung tombak. Namun, tidak bisa menancap kalau tidak ada gagangnya dan yang melempar," ujar Okto.

"Oleh karena itu, ofisial menjadi sangat penting. Pelatih dan para pengurus cabang olahraga juga tidak ketinggalan saya ucapkan terima kasih atas semua kinerja luar biasa," tandasnya.

Baca juga: SEA Games Vietnam 2021, Runtuhnya Tradisi Malaysia

Okto lantas menutup pesannya dengan menyebut bahwa SEA Games kali ini harus menjadi batu loncatan bagi para atlet Indonesia untuk meningkatkan prestasi pada ajang-ajang berikutnya.

"SEA Games adalah batu loncatan karena ini ajang regional. Kita harus kerja keras lagi untuk mengumandangkan Indonesia Raya dan mengibarkan bendera Merah Putih di tiang tertinggi," kata Raja Sapta Oktohari menegaskan.

Tim voli Indonesia berpose dengan membentangkan bendera Merah Putih usai mengalahkan tim bola putra Vietnam pada final bola voli putra SEA Games 2021 di Dai Yen Arena, Quang Ninh, Vietnam, Minggu (22/5/2022). Tim bola voli putra Indonesia berhasil mempersembahkan medali emas setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 25-22, 25-18 dan 25-15.ANTARA FOTO/Arsakha Tim voli Indonesia berpose dengan membentangkan bendera Merah Putih usai mengalahkan tim bola putra Vietnam pada final bola voli putra SEA Games 2021 di Dai Yen Arena, Quang Ninh, Vietnam, Minggu (22/5/2022). Tim bola voli putra Indonesia berhasil mempersembahkan medali emas setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 25-22, 25-18 dan 25-15.

Baca juga: SEA Games 2021 Resmi Berakhir, Vietnam Serahkan Estafet Tuan Rumah ke Kamboja

Indonesia mengakhiri SEA Games 2021 dengan menempati peringkat ketiga klasemen medali.

Tim Merah Putih berhasil membawa pulang total 241 medali dengan perincian 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

Dari sisi peringkat di klasemen medali, hasil yang diraih Indonesia pada SEA Games 2021 adalah sebuah peningkatan dibanding empat edisi sebelumnya.

Adapun, juara umum SEA Games 2021 menjadi milik tuan rumah Vietnam dengan raihan total 446 medali yaitu 205 emas, 125 perak, dan 116 perunggu.

Sementara itu, Thailand yang mengumpulkan total 331 medali dengan perincian 92 emas, 103 perak, dan 136 perunggu menempati peringkat kedua klasemen akhir SEA Games 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com