Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintang NFL Tom Brady Dilaporkan Pensiun, Kariernya Inspirasi untuk Ronaldo

Kompas.com - 30/01/2022, 06:55 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bintang American Football, Tom Brady, dikabarkan pensiun setelah berkarier selama 22 tahun. 

Kabar tersebut pertama kali dilaporkan oleh ESPN. Dalam laporannya, ESPN menyebutkan bahwa keputusan Tom Brady pensiun didasarkan pada beberapa faktor termasuk kesehatan dan keluarga. 

Perusahaan milik Brady, TB12 Sports, juga sempat membuat unggahan di media sosial perihal pensiun sang pemain, tetapi kemudian dihapus. 

"22 musim yang luar biasa. Terima kasih untuk semuanya, Tom Brady," bunyi cuitan TB12 Sports, yang dilansir dari BBC Sports

Baca juga: Tampa Bay Buccaneers Juara Super Bowl LV, Tom Brady Raih Gelar Ke-7 dan Cetak Rekor

Don Yee yang merupakan agen Tom Brady juga menolak memberikan konfirmasi soal masa depan kliennya tersebut. 

"Saya memahami spekulasi tentang masa depan Tom. Tanpa melihat akurat atau tidak akurat apa yang diberitakan, Tom akan menjadi satu-satunya orang yang mengungkapkan rencananya," ujar Don Yee.

Selama 22 tahun kariernya, Tom Brady tercatat hanya membela dua tim Liga American Football (NFL), yakni New England Patriots (2000-2019) dan Tampa Bay Buccaneers (sejak 2020).

Tom Brady yang kini berusia 44 tahun total mengoleksi 7 gelar Super Bowl, rinciannya adalah enam titel bersama New England Patriots dan satu trofi dengan Tampa Bay Buccaneers. 

Jumlah itu menegaskan Tom Brady sebagai pemain American Football terhebat sepanjang masa sebab koleksi gelarnya melebihi pemain dan tim mana pun. 

Kehebatan Tom Brady di NFL juga menginspirasi banyak atlet dunia seperti pebalap F1 Lewis Hamilton dan pebasket Stephen Curry.

Tom Brady juga disebut-sebut menginspirasi megabintang Manchester United Cristiano Ronaldo

"Melihat Brady yang mengangkat trofi Super Bowl pada usia 43 tentu menginspirasi Ronaldo untuk menjadi juara pada usia yang sama," tulis media Italia, Tuttosport, 9 Februari 2021. 

Selain itu, Tom Brady juga secara tidak langsung memiliki peran besar dalam transfer Cristiano Ronaldo dari Juventus ke Manchester United awal musim ini. 

Keluarga Glazer yang merupakan pemilik Man United semula ragu untuk memulangkan Cristinao Ronaldo yang sudah berusia 36 tahun.

Namun, agen Ronaldo, Jorge Mendes, mengingatkan keluarga Glazer tantang perekrutan Tom Brady yang digaet Tampa Bay Buccaneers pada usia 43 tahun. 

Baca juga: Idolakan Tom Brady, Harry Kane Tertarik Berkarier di NFL

Seperti halnya Ronaldo, Brady mungkin sudah tak lagi pada masa keemasan, tetapi masih menjadi salah satu yang terbaik di NFL.

Brady yang berposisi sebagai quarterback itu kemudian berhasil mengantarkan Buccaneers juara Super Bowl edisi ke-55 pada 2020, 18 tahun setelah terakhir kali menjadi kampiun pada 2002.

Berkaca pada prestasi Tom Brady tersebut, Mendes pun menjelaskan bahwa Ronaldo juga berpotensi mengakhiri penantian Man United untuk meraih trofi Liga Inggris yang terakhir kali didapat pada 2013.  

Hal itulah yang kemudian membuat keluarga Glazer memberikan lampu hijau untuk memulangkan Cristiano Ronaldo ke Man United.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com