Kasus WADA Tuntas, Diskresi Karantina Jadi Penyempurna Bahagia Pelaku Olahraga Indonesia

Kompas.com - 22/01/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Sanksi Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) segera dicabut.

Pimpinan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Pelepasan Sanksi WADA yang juga ex-officio Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapa Oktohari, mengatakan bahwa bendera Merah Putih bisa kembali berkibar di event internasional mulai Februari 2022. 

Kepastian itu disambut bahagia para pelaku olahraga Tanah Air, termasuk Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (PB Perbakin). 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PB Perbakin Hendry Oka mengapresiasi kinerja Raja Sapta Oktohari dan tim satgas. Hendry menyoroti kemampuan diplomasi Raja Sapta Oktohari. 

Baca juga: Merah Putih Kembali Berkibar, Eko Yuli Irawan Apresiasi Raja Sapta dan Tim Satgas

Hendry berharap pria yang akrab disapa Okto itu juga mampu mewujudkan diskresi karantina bagi para pelaku olahraga Indonesia. 

"Perjuangan NOC Indonesia di bawah pimpinan Pak Okto sangat besar. Effort mereka memajukan olahraga sangat maksimal, mulai dari menyelesaikan sanksi WADA terhadap LADI," kata Hendry Oka dalam siaran pers NOC Indonesia, Sabtu (22/1/2022). 

"Dunia olahraga butuh diplomasi tingkat tinggi seperti yang dilakukan Pak Okto, terutama terkait kebutuhan diskresi karantina bagi pelaku olahraga dapat terealisasi. Kami percaya beliau dapat menyuarakan aspirasi ini," tuturnya. 

Bicara soal diskresi karantina, Hendy Oka bersyukur NOC Indonesia berkenan menampung aspirasi sejumlah federasi olahraga nasional tersebut. 

Usulan ini bahkan langsung ditindaklanjuti Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang mengadakan rapat koordinasi dengan Kementerian Kesehatan, BNPB, dan perwakilan federasi olahraga nasional. 

Bagi Perbakin, diskresi karantina sangat dibutuhkan sebab mereka akan menggelar turnamen Grand Prix Rifle/Pistol di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.