Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pujian Presiden IOC bagi Peserta Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Kompas.com - 16/12/2021, 23:59 WIB
Josephus Primus

Penulis

LAUSANNE, KOMPAS.com - Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach memberikan pujian kepada negara-negara peserta Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Thomas Bach mengatakan, terhadap yang berpartisipasi, bahwa negara-negara itu mendukung para atletnya mewujudkan impian Olimpiade mereka.

"Mereka memiliki satu kesamaan," kata Thomas Bach.

Seorang wanita mengenakan masker mendorong kereta di dekat tanda yang menyerukan pembeli untuk waspada terhadap penyebaran virus corona, tidak mendengarkan desas-desus dan menghindari penimbunan di supermarket di Beijing, Cina, Rabu, 3 November 2021. AP PHOTO/NG HAN GUAN Seorang wanita mengenakan masker mendorong kereta di dekat tanda yang menyerukan pembeli untuk waspada terhadap penyebaran virus corona, tidak mendengarkan desas-desus dan menghindari penimbunan di supermarket di Beijing, Cina, Rabu, 3 November 2021.

Baca juga: IOC Sebut 90 Negara Ikut Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Data terkini dari IOC yang dirilis pada Rabu (15/12/2021) menunjukkan bahwa total ada 90 negara berpartisipasi pada Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

"Mayoritas ikut berpartisipasi meski ada boikot diplomatik," kata Thomas Bach.

Lonjakan kasus Covid-19 di China menimbulkan keraguan terhadap pemerintah China dalam mempertahankan kasus nol Covid menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Lonjakan kasus Covid-19 di China menimbulkan keraguan terhadap pemerintah China dalam mempertahankan kasus nol Covid menjelang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Sejauh ini, ada empat negara yang memilih boikot lantaran tudingan mengenai pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di China.

Selain AS, ada Inggris, Australia, dan Kanada yang memilih boikot diplomatik.

Olimpiade Musim Dingin itu akan berlangsung pada 4-20 Februari 2021.

Para peserta mengenakan masker duduk di dekat logo estafet obor Olimpiade untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Universitas Pos dan Komunikasi Beijing, Kamis (9/12/2021). AP PHOTO/MARK SCHIEFELBEIN Para peserta mengenakan masker duduk di dekat logo estafet obor Olimpiade untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Universitas Pos dan Komunikasi Beijing, Kamis (9/12/2021).

IOC mendapat kritikan dari kelompok hak asasi manusia.

Pasalnya, IOC dianggap memberi ruang kepada China yang kondisi kualitas HAM-nya belum membaik.

Beijing adalah satu-satunya kota dunia yang menjadi penyelenggara dua Olimpiade yakni musim panas dan dingin.

Pengunjung mengambil foto patung figure skater dengan cincin Olimpiade di sebuah taman dekat markas besar Komite Penyelenggara Olimpiade Beijing (BOCOG) di Beijing, Kamis, 18 November 2021.VOA INDONESIA Pengunjung mengambil foto patung figure skater dengan cincin Olimpiade di sebuah taman dekat markas besar Komite Penyelenggara Olimpiade Beijing (BOCOG) di Beijing, Kamis, 18 November 2021.

Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com