Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Terakhir Kali Barcelona Bermain di Liga Europa?

Kompas.com - 07/12/2021, 11:30 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Posisi Barcelona di klasemen Grup E Liga Champions 2021-2022 belum aman. Mereka terancam gagal lolos ke babak 16 besar dan bermain di Liga Europa.

Barcelona saat ini menghuni peringkat kedua klasemen Grup E Liga Champions dengan nilai tujuh. Barca hanya punya keunggulan dua poin atas tim peringkat tiga, Benfica.

Pada matchday terakhir fase grup Liga Champions, Barcelona bakal melawat ke kandang Bayern Muenchen yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E.

Sementara itu, Benfica akan menjamu tim juru kunci Dynamo Kyiv pada laga pamungkas Grup E Liga Champions 2021-2022.

Barcelona wajib mengalahkan Bayern Muenchen jika ingin lolos ke fase gugur Liga Champions tanpa bergantung dengan hasil pertandingan lain.

Baca juga: Permutasi Grup E Liga Champions, Tugas Barcelona Sangat Berat

Laga Bayern Muenchen vs Barcelona dan Benfica vs Dynamo Kyiv bakal digelar secara bersamaan yakni pada Kamis (9/12/2021) dini hari WIB.

Jika Barcelona gagal menang di kandang Bayern Muenchen, sementara Benfica mampu mengalahkan Dynamo Kyiv, kubu Barca bakal tersingkir dari Liga Champions.

Sebab, saat ini Barcelona kalah selisih dan agresivitas gol serta head-to-head dari Benfica.

Apabila situasi itu terjadi, Barcelona harus mengucapkan selamat tinggal kepada Liga Champions 2021-2022 dan terlempar ke Liga Europa.

Kiprah Terakhir Barcelona di Liga Europa

Apabila benar-benar harus terjun ke Liga Europa, ini menjadi sebuah penurunan bagi Barcelona, klub dengan koleksi lima trofi Liga Champions.

Terlebih, Barca juga tidak pernah absen dari babak 16 besar Liga Champions sejak musim 2004-2005.

Baca juga: Daftar Tim Liga Champions ke Playoff Liga Europa, Barcelona-Milan Susul Dortmund?

Namun, situasi Barcelona saat ini memang sangat sulit. Memphis Depay dkk harus berjuang ekstra keras agar bisa meraih hasil maksimal di kandang Bayern Muenchen.

Jika gagal membawa pulang tiga poin dari Allianz Arena dan di tempat lain Benfica menang atas Dynamo Kyiv, Barcelona harus rela "turun kasta" ke Liga Europa.

Robert Lewandowski mencetak gol ketiga untuk Bayern Muenchen saat menghadapi Barcelona pada matchday pertama fase grup Liga Champions 2021-2022.LLUIS GENE Robert Lewandowski mencetak gol ketiga untuk Bayern Muenchen saat menghadapi Barcelona pada matchday pertama fase grup Liga Champions 2021-2022.

Bermain di Liga Europa sejatinya bukanlah hal buruk. Kompetisi antarklub level kedua Eropa itu juga tak asing bagi Barca. Mereka pernah 11 kali berpartisipasi di kompetisi yang dulu bernama Piala UEFA tersebut.

Kali terakhir Barcelona bermain di Liga Europa (Piala UEFA) adalah pada musim 2003-2004.

Baca juga: Bayern Vs Barcelona: Blaugrana di Ambang Bencana, Xavi Bikin Terobosan Lagi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com