Lagu "Indonesia Raya" Terpotong di Kualifikasi FIBA World Cup 2023, Lebanon Minta Maaf

Kompas.com - 29/11/2021, 13:28 WIB
Rajko Toroman (tengah) ketika memberi instruksi kepada timnas basket putra Indonesia pada laga window pertama Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C melawan Lebanon, Sabtu (27/11/2021). DOK. FIBARajko Toroman (tengah) ketika memberi instruksi kepada timnas basket putra Indonesia pada laga window pertama Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C melawan Lebanon, Sabtu (27/11/2021).

KOMPAS.com - Insiden lagu "Indonesia Raya" terpotong menjelang pertandingan timnas basket putra Indonesia vs Lebanon sudah menemui titik terang.

Duel timnas basket Indonesia vs Lebanon merupakan laga window pertama Kualifikasi FIBA World Cup 2023 Grup C.

Pertandingan tersebut berlangsung di Nouhad Nawfal Sports Complex, Kota Zouq Mkayel, Lebanon, pada Sabtu (27/11/2021) dini hari WIB.

Menjelang pertandingan, sempat terjadi insiden yang membuat semua anggota skuad timnas basket Indonesia geram.

Insiden itu adalah lagu kebangsaan "Indonesia Raya" terpotong atau tidak diputar sampai selesai.

Baca juga: Timnas Bola Basket Indonesia Siap Cetak Sejarah di FIBA World Cup

Panitia pelaksana Lebanon selaku tuan rumah hanya memutar lagu ciptaan WR Supratman itu sampai penggalan lirik "marilah kita berseru, Indonesia bersatu".

PP Perbasi dan manajemen timnas basket Indonesia yang sangat kecewa kemudian langsung mengirim surat protes ke panpel Lebanon tepat setelah pertandingan.

Hasilnya, PP Perbasi sudah mendapatkan jawaban dan permintaan maaf dari panpel Lebanon pada Minggu (28/11/2021).

Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih, menyebut panpel Lebanon mengakui kelalaiannya terkait lagu "Indonesia Raya" yang terpotong.

"Terpotongnya pemutaran lagu 'Indonesia Raya' sangat disayangkan. Namun, Lebanon telah mengakui kesalahan itu dan meminta maaf secara resmi melalui surat pada 28 November 2021," kata Danny dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.