Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tambahan Atlet di Asian Games Hangzhou 2022, dari Mana Saja?

Kompas.com - 23/11/2021, 20:49 WIB
Josephus Primus

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Menurut informasi terkini Komite Olimpiade Asia (OCA), akan ada tambahan atlet pada perhelatan Asian Games Hangzhou 2022.

Dalam pelaksanaan nanti, akan ada tambahan atlet dari kawasan Oseania hingga 300 orang.

Sebelumnya, OCA membuka pintu bagi atlet-atlet kawasan Oseania, termasuk Australia dan Selandia Baru untuk tampil di Asian Games Hangzhou 2022.

Kemeriahan Global Shopping Festival 11.11 Tahun 2019 di Hangzhou, China.Hilda B Alexander/Kompas.com Kemeriahan Global Shopping Festival 11.11 Tahun 2019 di Hangzhou, China.

Baca juga: Asian Games Hangzhou 2022, OCA Buka Pintu untuk Oseania

"Untuk kali pertama, OCA membuka pintu, memberikan kesempatan berpartisipasi," demikian salah satu hasil persidangan Dewan OCA di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada Senin (22/11/2021) yang dibacakan oleh Direktur Jenderal OCA Husain Al-Musallam.

Sementara itu, OCA menetapkan lima cabang olahraga yang menjadi ajang bagi para atlet Oseania ikut ambil bagian di Hangzhou.

Peserta triatlon bersepeda guna mencapai garis finis BCA Super League Triathlon Bali.Dok. BCA Super League Triathlon Bali Peserta triatlon bersepeda guna mencapai garis finis BCA Super League Triathlon Bali.

Keempat cabang itu adalah triathlon, wushu, sepatu roda, angkat berat, dan atletik.

Kendati demikian, kata Husain al-Mussalam, ada dua perlakuan khusus bagi para atlet Oseania pada perhelatan Asian Games Hangzhou 2022.

Pertama, para atlet Oseania yang mampu masuk dalam tiga pemuncak di cabang-cabang olahraga terrsebut hanya menerima medali penghormatan.

Foto dirilis Selasa (1/12/2020), memperlihatkan atlet angkat berat National Paralympic Committee (NPC) Ni Nengah Widiasih mengikuti pemusatan latihan Pelatnas di Kantor NPC, Jebres, Solo, Jawa Tengah. Meski Pelatnas dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan semangat para atlet untuk terus mengikuti program latihan guna persiapan Paralimpiade Tokyo 2021.ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA Foto dirilis Selasa (1/12/2020), memperlihatkan atlet angkat berat National Paralympic Committee (NPC) Ni Nengah Widiasih mengikuti pemusatan latihan Pelatnas di Kantor NPC, Jebres, Solo, Jawa Tengah. Meski Pelatnas dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19, namun tidak menyurutkan semangat para atlet untuk terus mengikuti program latihan guna persiapan Paralimpiade Tokyo 2021.

"Kedua pencapaian mereka tidak dihitung sebagai untuk mendapatkan medali pertandingan," ucap Husail al-Mussalam.

Asian Games Hangzhou 2022 akan berlangsung pada 10-25 Sepetember 2022.

Perhelatan olahraga multicabang terbesar untuk kawasan Asia itu akan mempertandingkan 40 cabang olahraga di 55 lokasi laga.

PUBG Moble LogoKompas.com/JOSEPHUS PRIMUS PUBG Moble Logo

Ada 10.000 atlet akan ikut serta dalam Asian Games tersebut.

Sementara, e-sports memulai debutnya sebagai cabang olahraga pertandingan di Asian Games Hangzhou 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com