Kompas.com - 12/11/2021, 17:20 WIB
Presiden Joko Widodo saat menjajal Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/11/2021). dok. Agus SupartoPresiden Joko Widodo saat menjajal Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/11/2021).

KOMPAS.com - Indonesia kembali lagi mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah ajang balap internasional, World Superbike (WSBK), di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sebelumya, Indonesia pernah menjadi tuan rumah WSBK di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Kali terakhir Indonesia menjadi tuan rumah WSBK pada 1997. Artinya, 24 tahun sudah penantian itu kembali datang.

Apa Itu WSBK?

WSBK merupakan kependekan dari World Superbike, yakni sebutan dari Superbike World Championship atau Kejuaraan Dunia Superbike.

Baca juga: VIDEO: Jelang WSBK, Presiden Joko Widodo Jajal Sirkuit Mandalika

WSBK merupakan sebuah ajang balap motor yang memakai sepeda motor produksi massal dan berada di bawah naungan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

Sejak 2013, pihak yang menjadi penyelenggara WSBK adalah Dorna Sports. Hal ini membuat WSBK berada satu atap dengan MotoGP.

Kendati motor yang digunakan merupakan sepeda motor produksi massal, tetapi tentu ada rombakan khusus untuk turun balapan.

Saat ini, ada lima pabrikan yang berlaga pada ajang WSBK yaitu BMW Motorrad, Yamaha, Ducati, Honda, dan Kawasaki.

Sejarah WSBK

Ajang balap motor WSBK kali pertama bergulir pada 1988. Saat itu, pebalap yang meraih gelar juara pertama yaitu rider asal Amerika Serikat, Fred Merkel, yang bergabung dengan tim Honda.

Baca juga: Pernyataan Resmi Ducati soal Video Utak-atik Boks Motor: Tepis Kabar, Nantikan WSBK dan MotoGP di Mandalika

Fred Merkel juga meraih gelar juara pada musim berikutnya. Tetapi pada 1990, tahta juara diraih oleh Raymond Roche (Ducati).

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.