Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, Infrastruktur Hampir Rampung

Kompas.com - 29/10/2021, 14:40 WIB
Josephus Primus

Penulis

Sumber Xinhuanet

BEIJING, KOMPAS.com - Pada laporan terkini, penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 menyebut bahwa pembangunan infrastruktur hampir rampung.

"Infrastruktur di zona olahraga Beijing dan Nanqing hampir rampung," kata Deputi Direktur Kantor Pusat Proyek Konstruksi Utama Beijing Ding Jianming, Kamis (28/10/2021).

Warga mengenakan masker melakukan perjalanan dengan kereta bawah tanah di Beijing, China, Senin (25/10/2021). Penyebaran Covid-19 di China kembali menjadi peringatan setelah klaster baru terkait sekelompok wisatawan ditemukan 17 Oktober lalu.AFP/NOEL CELIS Warga mengenakan masker melakukan perjalanan dengan kereta bawah tanah di Beijing, China, Senin (25/10/2021). Penyebaran Covid-19 di China kembali menjadi peringatan setelah klaster baru terkait sekelompok wisatawan ditemukan 17 Oktober lalu.

Ding Jianming menyebut pihaknya sudah mengerahkan ribuan pekerja untuk pembangunan tersebut.

"Kami sudah mempersiapkan pembangunan sejak 31 Maret 2017," ucap Ding Jianming.

Baca juga: China Siapkan 29 Pusat Pelatihan Nasional untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Lebih lanjut, Ding Jianming menyebut 8 lokasi kompetisi, 16 lokasi non-kompetisi, dan 31 bangunan infrastruktur pendukung sudah tiba di fase akhir.

Pengunjung Chongli, salah satu tempat Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, melewati logo Olimpiade di Chongli di Provinsi Hebei, China utara pada 13 Agustus 2020.AP PHOTO/NG HAN GUAN Pengunjung Chongli, salah satu tempat Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022, melewati logo Olimpiade di Chongli di Provinsi Hebei, China utara pada 13 Agustus 2020.

"Kami tinggal menyerahkan semua itu ke Komite Organisasi Beijing," kata Ding Jianming.

Ding Jianming memerinci, pada infrastruktur pendukung, terdapat jaringan kereta api cepat hingga infrastruktur kelistrikan.

"Infrastruktur ini menghubungkan Beijing dan Yanqing," ujar Ding Jianming.

Sejumlah warga yang beberapa di antaranya memakai masker, menyeberang jalan di Beijing, China, Rabu (20/10/2021). Ibu kota China mulai menawarkan vaksin booster Covid-19, empat bulan sebelum Beijing dan wilayah sekitarnya menggelar Olimpiade Musim Dingin.AP PHOTO/NG HAN GUAN Sejumlah warga yang beberapa di antaranya memakai masker, menyeberang jalan di Beijing, China, Rabu (20/10/2021). Ibu kota China mulai menawarkan vaksin booster Covid-19, empat bulan sebelum Beijing dan wilayah sekitarnya menggelar Olimpiade Musim Dingin.

Ding Jianming juga menyebut fasilitas temporer juga sudah tersedia.

Fasilitas itu meliputi sistem pemantauan penonton, sistem pemantauan cabang olahraga atletik, ruang fungsional siaran televisi, ruang logistik dan pencegahan pandemi, dan sebagainya.

Seorang pendukung membuat gerakan dengan tangannya di dekat jam hitung mundur saat melintasi hitungan mundur 100 hari menuju pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Beijing, China, Selasa, 26 Oktober 2021. AP PHOTO/NG HAN GUAN Seorang pendukung membuat gerakan dengan tangannya di dekat jam hitung mundur saat melintasi hitungan mundur 100 hari menuju pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Beijing, China, Selasa, 26 Oktober 2021.

"Dalam tahun ini, seluruhnya sudah lengkap," pungkas Ding Jianming.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com