Perbedaan Permainan Bola Besar dan Kecil: Pengertian dan Jenisnya

Kompas.com - 29/10/2021, 13:00 WIB
Basket menjadi salah satu olahraga seru yang dapat dilakukan bersama anak di rumah. ShutterstockBasket menjadi salah satu olahraga seru yang dapat dilakukan bersama anak di rumah.

KOMPAS.com - Terdapat perbedaan antara permainan bola besar dan kecil. Berikut perbedaan permainan bola besar dan kecil berserta pengertian dan jenisnya.

Pengertian Permainan Bola Besar dan Kecil

Mengutip buku Mengenal Permainan Olahraga Bola Besar (2019), karya Sendang Sri Widiastuti, S.Pd, permainan bola besar adalah salah satu cabang olahraga yang dilakukan secara berkelompok atau beregu dengan bantuan alat utama berupa bola berdiameter lebih dari 50 cm.

Sementara itu, pengertian permainan bola kecil adalah olahraga yang bisa dilakukan baik individu maupun beregu yang menggunakan bola berukuran kecil.

Jenis Permainan Bola Besar

Berikut adalah beberapa jenis permainan bola besar:

Baca juga: Asal-usul Sepak Bola

Ilustrasi bermain sepak bola. DOK. FREEPIK Ilustrasi bermain sepak bola.

Sepak bola merupakan jenis permainan bola besar. Permainan ini dimainkan oleh dua regu atau tim secara berlawanan. Masing-masing tim berjumlah 11 pemain yang berada di lapangan.

Ukuran bola yang digunakan oleh pertandingan sepak bola kategori dewasa atau berusia 12 tahun ke atas memiliki lingkar 68 hingga 70 cm (sentimeter).

Bola basket adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim atau regu berlawanan. Masing-masing tim berisikan lima pemain yang berada di lapangan.

Sesuai peraturan FIBA yang juga diterapkan di Indonesia, ukuran bola basket adalah berat 576 gram dengan keliling sekitar 74,9 sentimeter.

Permainan bola voli dimainkan oleh dua regu saling berhadapan, masing-masing regu terdiri dari 6 orang pemain. Bola voli terbuat dari bahan kulit dengan keliling 65-67 sentimeter.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.