Kompas.com - 19/10/2021, 09:00 WIB
Pemain Jawa Timur menyundul bola saat babak 6 besar PON XX Papua 2021 melawan Kalimantan Timur yang berakhir dengan skor 5-1 di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (8/10/2021) sore. KOMPAS.com/Suci RahayuPemain Jawa Timur menyundul bola saat babak 6 besar PON XX Papua 2021 melawan Kalimantan Timur yang berakhir dengan skor 5-1 di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (8/10/2021) sore.

KOMPAS.com - Menyundul bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola. Gerakan menyundul bola dilakukan dengan menggunakan bagian tubuh yakni kepala.

Dikutip Kompas.com dari buku Kepelatihan Sepak Bola: Teori dan Praktik (2018) karya Ketut Chandra Adinata Kusuma, ada enam teknik dasar sepak bola.

Keenam teknik dasar sepak bola tersebut adalah:

  1. Menggiring bola
  2. Menghentikan bola
  3. Mengoper atau mengumpan
  4. Menembak (shooting)
  5. Menyundul bola
  6. Merebut bola

Rangkaian teknik dasar dalam permainan sepak bola tersebut mempunyai tahapan serta tujuan tertentu saat dilakukan di lapangan permainan.

Baca juga: Pola Permainan 4-4-2 dalam Sepak Bola

Teknik menyundul bola

Salah satu teknik dasar sepak bola yang harus dikuasai seorang pesepak bola adalah menyundul bola atau heading.

Dalam permainan sepak bola, gerakan menyundul bola dapat dilakukan untuk berbagai tujuan, misalnya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Menghalau bola yang mengarah ke daerah pertahanan
  2. Membuang bola yang mengancam gawang
  3. Memotong umpan pemain tim lawan
  4. Mengumpan kepada rekan setim
  5. Mencetak gol ke gawang lawan

Kemampuan menyundul boola umumnya ditentukan oleh postur tubuh seorang pemain.

Selain itu, kemampuan mengukur waktu yang tepat untuk melompat dan menjangkau bola di udara juga merupakan faktor penting dalam gerakan menyundul bola.

Beberapa contoh pesepak bola dunia yang dikenal memiliki kemampuan menyundul bola sangat baik adalah Cristiano Ronaldo dan Sergio Ramos.

Pemain Portugal Cristiano Ronaldo menyundul bola pada laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 melawan Uruguay di Stadion Olimpiade Fisht, Sabtu (30/6/2018) atau Minggu dini hari WIB. Portugal gagal lolos ke babak perempat final setelah ditaklukkan Uruguay dengan skor 2-1.AP PHOTO/ANDREW MEDICHINI Pemain Portugal Cristiano Ronaldo menyundul bola pada laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 melawan Uruguay di Stadion Olimpiade Fisht, Sabtu (30/6/2018) atau Minggu dini hari WIB. Portugal gagal lolos ke babak perempat final setelah ditaklukkan Uruguay dengan skor 2-1.

Baca juga: Passing dalam Sepak Bola: Pengertian dan Teknik-tekniknya

Tahapan menyundul bola

Seorang pemain harus menguasai teknik menyundul bola secara baik. Salah hal yang harus ia ketahui ialah gerak spesifik posisi awal menyundul bola yang tepat adalah lentingkan pinggang ke belakang dan keraskan otot leher.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.