Menparekraf Sandiaga Uno Buka Pertandingan Ekshibisi Esport PON XX Papua

Kompas.com - 22/09/2021, 10:00 WIB
 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membuka pertandingan ekshibisi Esports Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Selasa (21/9/2021). Dok. Istimewa Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membuka pertandingan ekshibisi Esports Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Selasa (21/9/2021).

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang juga Dewan Pembina Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) membuka pertandingan ekshibisi Esports Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Pembukaan tersebut berlangsung di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Selasa (21/9/2021).

Ini merupakan pertama kalinya esports menjadi salah satu dari 11 cabang olahraga (cabor) ekshibisi di PON.

Oleh karena itu, Sandiaga Uno mengungkapkan ini menjadi kesempatan emas bagi para atlet untuk menjajal keahlian dan membawa harus nama daerah masing-masing.

Baca juga: Daftar 11 Tim Free Fire yang Lolos ke Putaran Final PON XX Papua

"Pelaksanaan esports ini dapat memberikan kesempatan bagi para pecinta olahraga untuk bertanding dan membawa nama besar daerah masing-masing di empat kategori permainan," kata Sandiaga Uno dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sandiaga Uno juga mengungkapkan bahwa PON XX Papua mendapat izin dari Presiden Joko Widodo untuk digelar dengan penonton.

Akan tetapi, pemerintah tetap memberlakukan sejumlah syarat mengingat event olahraga ini berlangsung di tengah pandemi virus corona.

Sandiaga Uno mengatakan, maksimal jumlah penonton hanya 25 persen dari kapasitas venue serta harus sudah divaksin dua kali.

"Pada acara yang luar biasa ini, Bapak Presiden Republik Indonesia baru saja memberikan izin agar pelaksanaan PON XX Papua digelar kehadiran penonton," katanya.

"Alhamdulillah. Namun, dibatasi dengan pembatasan 25 persen dan vaksin menjadi syarat utama," tutur Sandiaga Uno.

Baca juga: 5 Cabor Memulai Pertandingan sebelum Pembukaan PON XX Papua 2021

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.