Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsenal Terpuruk (Lagi), Masihkah The Gunners Dianggap Anggota "Big Six"?

Kompas.com - 29/08/2021, 06:00 WIB
Mochamad Sadheli ,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Istilah "The Big Six" sudah tak lagi asing di telinga penggemar Liga Inggris di dunia.

Arsenal secara historis dianggap sebagai bagian dari enam klub besar Liga Inggris atau lebih dikenal dengan istilah "The Big Six".

Lima klub lainnya yakni Manchester United, Manchester City, Liverpool, Chelsea, dan Tottenham Hotspur.

Namun, performa Arsenal selama beberapa musim terakhir hingga awal Liga Inggris 2021-2022 belum menunjukkan bahwa mereka tim besar.

Baca juga: Tim Mana Saja yang Masuk The Big Six Liga Inggris?

The Gunners, julukan Arsenal, selama dua musim terakhir selalu finis di peringkat ke-8 pada klasemen akhir Liga Inggris.

Pada musim 2019-2020, The Gunners tertinggal 43 poin dari pemuncak klasemen akhir saat itu, Liverpool, yang juga anggota The Big Six.

Kemudian para musim 2020-2021, skuad Mikel Arteta kembali terpaut jauh, 25 poin, dari peraih gelar Liga Inggris kala itu, Manchester City, yang juga bagian dari The Big Six.

Kini, tiga pertandingan awal Liga Inggris 2021-2022 sudah bergulir dan skuad asuhan Mikel Arteta itu selalu kalah dan tak bisa mencetak satu gol pun.

Baca juga: Pesan Patah Hati Mesut Oezil Usai Arsenal Takluk 0-5 dari Man City

Rinciannya, kalah 0-2 dari Brentford, 0-2 dari Chelsea, dan dibantai 0-5 oleh Manchester City.

Banyak pihak meragukan nasib Arsenal kendati musim ini sudah jor-joran belanja pemain. Beberapa dari mereka bahkan meyakini Leicester City akan kembali finis lebih tinggi daripada The Gunners.

Keyakinan Leicester City datang dari performa impresif mereka selama beberapa musim terakhir, khususnya sejak menorehkan keajaiban dengan menjuarai Liga Inggris 2015-2016.

Pandit Sky Sports, Paul Merson, memprediksi Arsenal akan butuh waktu lama untuk bisa kembali bangkit dan bersaing secara konsisten di level The Big Six.

"Saya merasa itu benar-benar membuat frustrasi. Ini adalah klub sepak bola besar, klub sepak bola berkelas, dan mereka membutuhkan sesuatu yang lebih baik. Tapi, saat ini saya tidak bisa melihatnya menjadi lebih baik," kata Paul Merson dikutip Sky Sports yang tayang pada Mei 2021.

Baca juga: Man City Cetak 5 Gol Lawan Arsenal, Guardiola Masih Tak Puas

"Ini merupakan musim yang sulit bagi Mikel Arteta, dia harus menghadapi tekanan yang terus meningkat dari para pendukung dan mereka terlihat tidak memiliki prospek di sepak bola level Eropa untuk pertama kalinya dalam 25 tahun," ujarnya menegaskan.

Pada Februari 2021, Paul Mensor bahkan dengan jelas menerangkan Arsenal tidak lagi masuk ke dalam anggota The Big Six.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com