Kompas.com - 22/04/2021, 09:00 WIB
Marcus Rashford mencoba mengejar bola yang dikuasai Georginio Wijnaldum pada pertandingan Manchester United vs Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, 20 Oktober 2019. AFP/OLI SCARFFMarcus Rashford mencoba mengejar bola yang dikuasai Georginio Wijnaldum pada pertandingan Manchester United vs Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, 20 Oktober 2019.

KOMPAS.com - Tim-tim The Big Six dari Liga Inggris menjadi sorotan seiring deklarasi kompetisi baru bernama European Super League atau Liga Super Eropa.

Pada Senin (19/4/2021), sebanyak 12 klub top Eropa mendeklariskan European Super League.

Dari 12 klub pendiri European Super League, enam di antaranya merupakan klub The Big Six Liga Inggris.

Meski akhirnya kolaps dengan mundurnya klub-klub pendiri termasuk The Big Six Liga Inggris, deklarasi European Super League sempat membuat heboh sepak bola Eropa.

Lantas siapa saja tim-tim yang masuk The Big Six Liga Inggris dan sempat bergabung dengan European Super League?

Baca juga: Awal Mula Pengkhianatan European Super League

Melansir situs web Radio Times, kompetisi teratas Liga Inggris berkembang pesat sejak dibentuknya Premier League pada 1992.

Selama bertahun-tahun, penguasa Premier League berganti dari satu tim ke tim yang lain.

Tim-tim yang tidak diunggulkan macam Blackburn Rovers dan Leicester City sempat membuat kejutan dengan menjadi juara. Namun, mereka tidak konsisten bertahan di papan atas.

Secara historis, Manchester United, Arsenal, dan Liverpool dipandang sebagai kekuatan super dalam kompetisi Liga Inggris.

Di luar tiga tim tersebut, kemudian muncul Chelsea yang melahirkan sebutan big four pada pertengahan 2000-an.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X