Kompas.com - 20/08/2021, 15:30 WIB
Logo kompetisi UEFA Europa Conference League atau UECL. Europa Conference League akan menjadi kompetisi strata ketiga Eropa dan akan dimulai pada musim 2021-2022. (Sumber foto: Tangkapan layar situs web UEFA) UEFALogo kompetisi UEFA Europa Conference League atau UECL. Europa Conference League akan menjadi kompetisi strata ketiga Eropa dan akan dimulai pada musim 2021-2022. (Sumber foto: Tangkapan layar situs web UEFA)

KOMPAS.com - UEFA Europa Conference League (UECL) atau Liga Konferensi Eropa merupakan ajang kompetisi antarklub Eropa kasta ketiga yang digelar oleh Uni Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA).

Ajang kompetisi ini semula bernama sementara Europa League 2 (UEL 2).

Namun, pada 24 September 2019, UEFA mengumumkan nama resminya yaitu UEFA Europa Conference League dan akan dimulai pada musim 2021-2022.

Karena kompetisi baru, tidak ketinggalan, UEFA juga membangun sebuah trofi yang menjadi hak pemenang kompetisi pada setiap edisi Liga Konferensi Eropa.

Baca juga: Hasil UEFA Conference League - Debut Manis Mourinho, Spurs Tumbang

Seperti dilansir dari laman resmi UEFA, terdapat sejumlah keunikan pada trofi Liga Konferensi Eropa baik dari segi bobot hingga desainnya.

Fakta unik trofi UECL dari segi ukuran, adalah statusnya sebagai yang terberat kedua setelah piala Liga Europa. Sedangkan berat piala Liga Champions terberat ketiga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berat total dari trofi UEFA Europa Conference League adalah 11 kilogram dengan tinggi 57,5 cm.

Trofi ini terdiri dari 32 besi heksagonal yang dibentuk melengkung dari dasar piala. Bentuk melengkung dari dasar trofi ini terinspirasi dari gerak bola yang meluncur ke gawang.

Baca juga: Arti Delapan Bintang pada Logo Liga Champions

Selain itu, trofi UECL dari segi rancangannya tidak memiliki pegangan atau gagang pada bagian samping.

Hal ini membuat trofi UECL sama seperti milik trofi Liga Europa yang juga tidak memiliki pegangan pada bagian samping.

Trofi antarklub Eropa di bawah naungan UEFA yang memiliki pegangan pada bagian samping cuma Liga Champions.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber UEFA
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.