Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi dan Tujuan Pukulan Drive dalam Bulu Tangkis

Kompas.com - 20/08/2021, 12:00 WIB
Mochamad Sadheli

Penulis

KOMPAS.com - Teknik pukulan drive acapkali dilakukan untuk mengejutkan lawan. Pukulan drive tak sekeras smash. Namun, teknik ini bisa membuat lawan kaget dan akhirnya kelimpungan.

Mengutip dari buku Mengenal Olahraga Bulu Tangkis: Tahapan Menuju Kemajuan (2020) karya Tri Hadi Karyono, penggunaan pukulan drive lebih sering terlihat di nomor ganda daripada tunggal.

Sebab, sasaran dari teknik pukulan drive ini adalah untuk mengacaukan posisi kubu lawan, melalui penempatan kok di posisi sulit untuk dikembalikan atau menyerang balik.

Pengertian Pukulan Drive

Melansir laman resmi PB Djarum, pukulan drive adalah pukulan cepat dan mendadak yang banyak dilakukan dalam permainan ganda.

Baca juga: Mengenal Overhead Lob dalam Bulu Tangkis

Selain itu, pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar dinamakan pukulan drive.

Ya, karakter dari pukulan drive adalah cepat dan mendadak dengan posisi hasil pukulan dekat dengan garis atas net secara mendatar menuju bidang permainan lawan.

Fungsi Pukulan Drive

Sesuai dengan pengertian di atas, tujuan utama dalam melakukan pukulan drive ini adalah menghindari lawan menyerang atau memaksa lawan untuk mengangkat shuttlecock.

Sasaran dari teknik pukulan drive ini adalah untuk mengacaukan posisi kubu lawan, melalui penempatan kok di posisi sulit untuk dikembalikan atau menyerang balik.

Baca juga: Aturan Servis pada Nomor Tunggal dan Ganda dalam Bulu Tangkis

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan pukulan drive:

Perpindahan pegadangan atau grip raket. Bersamaan dengan kecepatan yang dibutuhkan, perpindahan dari grip ke grip harus dilakukan dengan cepat pula. Khususnya ketika berpindah dari posisi forehand ke backhand.

Ayunan tangan terbatas. Ayunan dalam drive berbeda dengan smash. Jika smash pukulan dihabiskan sampai habis, sementara drive selesai ketika kok sudah terpukul.

Kekuatan bahu sangat berpengaruh untuk membuat kok semakin cepat, tetapi juga membutuhkan lecutan pergelangan tangan.

Teknik Pukulan Drive

Baca juga: 3 Peralatan Utama dalam Bulu Tangkis

  • Pastikan posisi shuttlecock yang datang berada di sekitar depan kepala. Artinya, tidak terlalu tinggi (melambung) dan tidak di bawah dada.
  • Pegang raket sesuai posisi kok yang datang dengan badan. Sehingga, bisa menggunakan forehand maupun backhand grip
  • Pukulshuttlecock dengan tepat di posisi depan raket
  • Putar raket untuk melakukan drive menyilang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com