Menpora Akan Evaluasi Pencapaian Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.com - 05/08/2021, 20:00 WIB
Menpora Zainudin Amali (tengah) memberikan sambutan disaksikan pebulu tangkis ganda putri peraih medali emas Olimpiade Tokyo, Apriyani Rahayu (kanan) dan Greysia Polii (kiri) di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (4/8/2021). Selain Greysia dan Apriyani, pebulu tangkis Anthony Ginting, Praveen Jordan, lifter Rahmat Erwin Abdullah, Nurul Akmal, petembak Vidya Rafika, sprinter Lalu Muhammad Zohri, dan Alvin Tehupeiory juga termasuk dalam kloter terakhir kepulangan kontingen Indonesia dari Olimpiade Tokyo. ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRAMenpora Zainudin Amali (tengah) memberikan sambutan disaksikan pebulu tangkis ganda putri peraih medali emas Olimpiade Tokyo, Apriyani Rahayu (kanan) dan Greysia Polii (kiri) di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (4/8/2021). Selain Greysia dan Apriyani, pebulu tangkis Anthony Ginting, Praveen Jordan, lifter Rahmat Erwin Abdullah, Nurul Akmal, petembak Vidya Rafika, sprinter Lalu Muhammad Zohri, dan Alvin Tehupeiory juga termasuk dalam kloter terakhir kepulangan kontingen Indonesia dari Olimpiade Tokyo.

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali akan melakukan evaluasi terkait hasil Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020.

Evaluasi tersebut bakal dilakukan Menpora Zainudin Amali bersama dengan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, CdM (Chef de Mission) Rosan P Roeslani, hingga pimpinan cabang olahraga (cabor) yang bertanding di Olimpiade.

Meski demikian, hal tersebut tak bisa segera dijalankan sebab Menpora masih menunggu kepulangan Raja Sapta Oktohari dan Ferry Kono.

Raja Sapta Oktohari dan Ferry Kono masih berada di Jepang hingga upacara penutupan Olimpiade Tokyo akhir pekan ini.

Baca juga: Menpora Pastikan Pemerintah Beri Bonus Atlet Olimpiade Tokyo

Adapun jajaran lainnya juga tengah menjalani karantina sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan setelah bepergian dari luar negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sesuai dengan protokol kesehatan, semua yang baru datang dari Jepang sedang menjalani karantina," kata Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/8/2021).

"Setelah itu, kami akan segera evaluasi bersama-sama dengan KOI, CdM (Chef de Mission), pimpinan cabor yang berangkat, dan tentu pelatih serta unsur-unsur lainnya yang terlibat langsung dalam keikutsertaan atlet di Olimpiade," tuturnya.

"Hasil evaluasi nantinya juga akan saya sampaikan. Namun, saat ini kami menunggu Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari yang masih berada di Tokyo karena harus mengikuti upacara penutupan. Setelah tiba, baru kami akan duduk bersama dan melakukan evaluasi," tutur Zainudin.

Baca juga: Klasemen Medali Olimpiade Tokyo - China Kuasai Singgasana, Indonesia Sejajar Austria

Indonesia mengakhiri perjuangan di Olimpiade Tokyo 2020 dengan mengoleksi lima medali. Rinciannya adalah satu medali emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Satu-satunya medali emas Indonesia dipersembahkan dari cabor bulu tangkis oleh pasangan ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

Sementara itu, medali perak diraih oleh lifter Eko Yuli Irawan yang bertanding di kelas 61 kg putra.

Adapun tiga medali perunggu masing-masing diraih Windy Cantika Aisah (angkat besi), Rahmat Erwin Abdullah (angkat besi) dan Anthony Sinisuka Ginting (bulu tangkis).

Baca juga: Target 40 Besar Olimpiade Tokyo Terancam Meleset, Menpora Paparkan Grand Design

Menpora pun menyampaikan terima kasih atas segala perjuangan para peraih medali maupun atlet-atlet lainnya yang sudah memberikan performa terbaik mereka di Olimpiade Tokyo.

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan terima kasih, rasa bangga, dan penghargaan setinggi-tingginya untuk kontingen Indonesia," ujar Zainudin Amali.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.