Kompas.com - 05/08/2021, 17:00 WIB
Para pemain PSAD Balikpapan dihalangi tentara saat melakukan protes keras ke asisten wasit saat mereka melakoni laga kontra Aceh United untuk perebutan posisi tiga Liga 3 musim 2017 di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Minggu (17/12/2017). BOLASPORT.COM/GONANG SUSATYOPara pemain PSAD Balikpapan dihalangi tentara saat melakukan protes keras ke asisten wasit saat mereka melakoni laga kontra Aceh United untuk perebutan posisi tiga Liga 3 musim 2017 di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Minggu (17/12/2017).

KOMPAS.com - Setiap pertandingan sepak bola akan dipimpin oleh seorang wasit utama yang memiliki kewenangan penuh untuk menegakkan hukum permainan sehubungan pertandingan tersebut.

Wasit tidak akan bekerja sendirian untuk menegakkan hukum dalam pertandingan sepak bola.

Pasalnya, wasit utama akan dibantu oleh linesman atau hakim garis, dan wasit cadangan atau wasit keempat.

Pada artikel ini akan membahas mengenai tugas linesman dalam sepak bola.

Baca juga: Perbedaan Full-back dan Wing-back dalam Sepak Bola

Linesman atau hakim garis adalah sosok yang memiliki peran penting di dalam permainan sepak bola.

Sebab, linesman adalah asisten wasit. Linesman sendiri terdiri dari dua orang yang bertugas memberikan isyarat kepada wasit utama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) berdasar regulasi dalam Laws of the Game, dalam hal-hal tertentu, linesman dapat masuk ke lapangan permainan untuk membantu mengawasi jarak 9,15 meter.

Jika terdapat campur tangan yang kurang pantas atau perilaku tidak senonoh, wasit akan membebaskan tugas seorang asisten wasit dan membuat laporan kepada pihak yang berwenang.

Baca juga: Macam-macam Formasi Sepak Bola Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Lantas apa saja tugas linesman dalam sepak bola?

Tugas linesman adalah pertama, mengamati bola yang telah meninggalkan lapangan pertandingan termasuk juga tim yang berhak mendapat tendangan bebas.

Kedua, memberi isyarat kepada wasit saat ada pemain yang melakukan offside. Terakhir, membantu wasit utama memutuskan pelanggaran yang didapati dalam pengawasannya secara objektif.



Sumber IFAB
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.