Tembus Babak Utama Olimpiade Tokyo, Alvin Tehupeiory Bertekad Pecahkan Rekor Nasional

Kompas.com - 30/07/2021, 09:34 WIB
Pelari India Saritaben Laxmanbhai Gayakwad (kanan) berpacu dengan pelari Indonesia Alvin Tehupeiory (kiri) pada final 400 meter lari gawang putri 18th Asian Games Invitation Tournament di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (12/2/2018). Saritaben menyabet medali emas dengan catatan waktu 59,08 detik. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPelari India Saritaben Laxmanbhai Gayakwad (kanan) berpacu dengan pelari Indonesia Alvin Tehupeiory (kiri) pada final 400 meter lari gawang putri 18th Asian Games Invitation Tournament di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (12/2/2018). Saritaben menyabet medali emas dengan catatan waktu 59,08 detik.

KOMPAS.com - Sprinter Indonesia, Alvin Tehupeiory, menjalani debut impresif setelah lolos dari babak penyisihan nomor 100 meter putri cabor atletik Olimpiade Tokyo 2020.

Berlomba di Heat 3 Olympic Stadium, Jumat (30/7/2021), Alvin mencatatkan waktu 11,89 detik yang membuatnya finis di posisi ketiga.

Dia hanya kalah cepat dari Joella Lloyd (Antigue; 11,55 detik) dan Asimenye Simwaka (Malawi; 11,76 detik).

Finis di posisi tiga teratas membuat Alvin dan atlet lainnya melaju ke babak utama.

Pada babak utama, Alvin akan berlomba di heat kedua bersama lawan-lawan berat seperti Elaine Thompson-Herah (Jamaika) dan Kelly-Ann Baptiste (Trinidad & Tobago).

Baca juga: Hasil Preliminary Round 100 Meter Putri Olimpiade Tokyo - Pelari Indonesia Alvin Tehupeiory Melaju ke Ronde 1

Calon lawan Alvin tersebut merupakan sprinter kelas dunia yang punya catatan waktu terbaik di bawah 11 detik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski akan mendapati ujian berat, Alvin ingin tetap menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Tak hanya itu, dia juga bertekad untuk mempertajam catatan waktu terbaiknya, yakni 11,64 detik di nomor 100 meter.

Jika dapat meningkatnya, Alvin berpotensi memecahkan pemegang rekor nasional milik Truitje Joseph (11,56 detik) yang telah bertahan selama 20 tahun.

"Pada babak berikutnya, saya akan berusaha yang terbaik lagi dan akan berusaha memperbaiki rekor pribadi saya," kata Alvin dalam rilis NOC Indonesia yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Dukungan bagi Simone Biles, Pesenam AS yang Mundur dari Olimpiade Tokyo demi Kesehatan Mental

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.